Puncak Mudik di Terminal Kampung Rambutan Diprediksi Jumat

Red: M Akbar

Kamis 24 Jul 2014 20:01 WIB

 Para pemudik yang kembali dari kampung halaman mereka mulai terlihat di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Rabu (22/8). (Agung Supriyanto/Republika) Para pemudik yang kembali dari kampung halaman mereka mulai terlihat di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Rabu (22/8). (Agung Supriyanto/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lonjakan penumpang di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, diprediksi akan terjadi pada Kamis (H-4) dan Jumat (H-5). Hal tersebut disampaikan Kepala Terminal Antar Kota Antar Propinsi Kampung Rambutan Dwi Basuki.

"Lonjakan penumpang terjadi pada H-4 Kamis dan H-3 Jumat (25/7)," kata Dwi di Jakarta, Kamis (24/7).

Lonjakan itu, kata Dwi, terjadi karena sejumlah calon penumpang baru mendapatkan libur kerja pada akhir pekan ini. Selain itu, banyak dari calon penumpang yang hendak mengejar dapat melaksanakan Shalat Idul Fitri di kampungnya masing-masing.

"Kalau terlalu mepet mudiknya, mungkin mereka takut tidak sempat shalat Id di kampung halamannya," kata dia.

Berdasarkan data di Posko Lebaran Terminal Kampung Rambutan, jumlah penumpang yang berangkat pada Kamis pukul 08.00-14.00 WIB baru tercatat sekitar 2.254 orang atau meningkat dibandingkan pada jam yang sama hari Rabu (23/7) sebanyak 1.892 orang.

Berdasarkan pantauan Antara, sejumlah calon penumpang banyak yang menunggu di pintu anjungan terminal bus AKAP di Jaktim itu. Mereka memilih tempat tersebut dengan harapan dapat lebih cepat dalam berebut mengambil tempat duduk dari bus yang baru masuk terminal.

Sedangkan di bagian dalam terminal, ratusan calon penumpang telah berkerumun di sekitar bus yang akan berangkat. Beberapa dari mereka membawa barang bawaan seperti tas besar dan kardus yang ditumpuk-tumpuk. Begitu bus yang akan mereka naiki siap berangkat, beberapa dari mereka yang masih di luar bus berebut untuk naik bus.

Tren jumlah penumpang sendiri semakin meningkat dalam beberapa hari terakhir.

Data terbaru menunjukkan jumlah tertinggi penumpang yang berangkat dari terminal di Jaktim itu pada Rabu (23/7) total sebanyak 7.175 orang terbagi kepada 557 bus. Sementara pada Senin (21/7) sebanyak 3.227 orang dengan 484 bus dan Selasa (22/7) 3.485 orang dengan 509 bus.

Data hari Kamis sendiri belum bisa dipastikan karena penutupan tabulasi jumlah penumpang baru dilakukan pada pukul 04.00 WIB, Jumat (25/7).

Sementara itu, total penumpang yang berangkat pada Kamis dapat meningkat lebih banyak lagi seiring kedatangan calon penumpang di Terminal Kampung Rambutan yang semakin berduyung-duyun jelang petang hari pukul 18.00.