Kemenhub Siapkan Kapal Ro-Ro Sebagai Alternatif Jalur Comal

Red: Nidia Zuraya

Kamis 24 Jul 2014 15:40 WIB

  Kendaraan melintas di jembatan darurat Comal, Pemalang, Jawa Tengah, Kamis (24/7). (Republika/Wihdan) Kendaraan melintas di jembatan darurat Comal, Pemalang, Jawa Tengah, Kamis (24/7). (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan dua kapal Ro-Ro guna mengangkut masyarakat yang bakal melakukan perjalanan mudik sebagai salah satu alternatif pengganti sarana angkutan jalan akibat amblesnya Jembatan Comal, Jawa Tengah.

"Kalau bisa menjadi alternatif, kami siapkan dua kapal Ro-Ro," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Suroyo Alimoeso dalam rilis Pusat Komunikasi Publik Kemenhub yang diterima di Jakarta, Kamis (24/7).

Ia mengingatkan bahwa Jembatan Comal saat ini sedang diperbaiki sehingga mengganggu jalur utama pantai utara (Pantura) Jawa yang menghubungkan antara Jakarta hingga ke Surabaya. Ia memaparkan, kapal Ro-Ro yang disiapkan tersebut dijadwalkan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Pekalongan, Kendal dan Semarang.

Terkait dengan kondisi penyeberangan, rilis Humas PT ASDP menyebutkan bahwa saat ini kondisi di Pelabuhan Ketapang masih tampak lengang dan tidak terdapat antrean. Namun di Pelabuhan Gilimanuk pada Kamis (24/7) pagi sudah mulai dipadati oleh pemudik dengan antrian kendaraan sudah mencapai 1-2 kilomter di luar pelabuhan.

Terpopuler