Sensasi Bakpao Kartun Tiga Dimensi (1)

Rep: Mj05/ Red: Chairul Akhmad

Kamis 24 Jul 2014 15:37 WIB

Bakpao unik. Foto: Burpple.com Bakpao unik.

REPUBLIKA.CO.ID, Bakpao ini mengandung unsur seni yang tinggi dalam proses pembuatannya.

Bosan dengan menu buka puasa yang itu-itu saja? Jika begitu, cobalah menyantap bakpao hangat sebagai pengawal buka puasa. Apalagi, jika bakpao itu berbentuk wajah-wajah kartun yang lucu. Buka puasa Anda tentu akan lebih seru dan menyenangkan.

Namun, di mana mendapatkan bakpao unik itu? Penganan itu ada di Kota Bandung. Ya, kota ini memang dikenal dengan kreativitasnya. Tak hanya kreatif dalam bidang seni, warga Kota Kembang juga memiliki segudang kreativitas dalam bidang kuliner.

Salah satu bentuk kreativitas itu bisa dilihat di Andy Yang Pastry, sebuah toko kue yang berada di Jalan Dalem Kaum 74, tak jauh dari alun-alun Kota Bandung.  Di toko kue inilah diproduksi sekaligus dijual bakpao unik.

Berbeda dari bakpao pada umumnya, bakpao di sini tampil dengan bentuk karakter kartun tiga dimensi. Bakpao istimewa ciptaan kakak beradik, Andy dan Yayang Suryana Wijaya ini sudah ada sejak Maret 2013.

Andy Yang Pastry memang bukan pemain baru dalam dunia kreativitas kuliner. Sebelumnya, toko ini dikenal masyarakat Bandung sebagai produsen bakpao buah, yakni bakpao yang dibentuk semirip mungkin dengan buah-buahan dan sayuran asli.

Seiring meningkatnya permintaan dari konsumen, Andy dan kakaknya mencoba inovasi baru. Maka, lahirlah bakpao karakter tiga dimensi. Kyara-Bun disematkan sebagai nama untuk bakpao ini yang artinya roti karakter dalam bahasa Jepang.

"Banyak yang nanya, akhirnya kita ciptakan Kyara-Bun yang artinya karakter dari bahasa Jepang," kata Andy saat ditemui di tokonya belum lama ini.

Sejauh ini, Andy dan Yayang telah menciptakan 10 jenis bakpao dengan beragam karakter. Di antaranya,  Hello Kitty, Keroppi, Dora, Minion, Spongebob, Smurf, dan Cat and Dog. Andy yakin, bakpao berbentuk tokoh-tokoh kartun tersebut tak hanya digemari anak-anak, tapi juga orang dewasa.

"Biar selalu jadi favorit, kami menciptakan sesuatu yang tidak ada. Usia mah nggak bisa berpengaruh. Anak-anak 100 persen pasti suka," ujar pria asli Bandung ini.

Terpopuler