Dishub Yogyakarta Berlakukan Perubahan Arus di Sejumlah Jalan

Red: Hazliansyah

Kamis 24 Jul 2014 13:31 WIB

Jalan Malioboro, ikon wisata Yogyakarta Foto: Antara Jalan Malioboro, ikon wisata Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta akan melakukan perubahan arus lalu lintas di beberapa ruas jalan untuk mengantisipasi kepadatan saat menjelang Lebaran atau usai Lebaran.

"Perubahan arus lalu lintas itu di antaranya akan diberlakukan di Jalan Pabringan dan di Jalan Suryatmajan," kata Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Windarto di Yogyakarta, Kamis.

Jalan Pabringan yang semula dua arah akan diberlakukan satu arah ke timur hingga pertengahan Pasar Beringharjo sehingga tetap bisa memberikan ruang kepada masyarakat yang akan berbelanja di pasar tradisional terbesar di Kota Yogyakarta itu.

Selain itu, perubahan arus lalu lintas juga akan diberlakukan di Jalan Suryatmajan. Perubahan dimungkinkan dilakukan mulai H-2 Lebaran.

Jalan Suryatmajan yang semula merupakan jalan satu arah akan diubah menjadi jalan dua arah, namun hanya sampai ke simpang Jalan Ketandan sehingga masyarakat akan lebih mudah mengakses parkir di Ketandan apabila akan menuju ke Malioboro atau Beringharjo.

"Kami sudah siapkan berbagai rambu agar masyarakat bisa mengerti perubahan arus lalu lintas ini. Tujuannya agar lalu lintas tetap lancar meskipun padat," katanya.

Ia memperkirakan, kepadatan arus lalu lintas di kawasan Malioboro khususnya di Pasar Beringharjo dimungkinkan terjadi pada H+3 Lebaran. "Saat itu, akan banyak pemudik yang singgah di Yogyakarta untuk membeli oleh-oleh sebelum kembali ke kota asalnya," katanya.

Terpopuler