Kapolri: Pelabuhan Merak Siap Hadapi Arus Mudik

Rep: ahmad rojali/ Red: Muhammad Hafil

Kamis 24 Jul 2014 13:01 WIB

  Antrean sejumlah kendaraan pribadi yang akan menyeberang ke Bakauheni, di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (24/7). (Republika/Prayogi) Antrean sejumlah kendaraan pribadi yang akan menyeberang ke Bakauheni, di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (24/7). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Kepala Kepolisian, Jendral Sutarman menyatakan kondisi pelabuhan Merak dalam keadan siap siaga untuk menghadapi Arus Mudik 2014. Sutarman secara langsung memantau arus mudik di Pelabuhan Merak dengan menggunakan helikopter dan berjalan kaki memantau persiapan petugas dan pemudik di dermaga satu, dua dan tiga. 

Kapolri tiba di area Pelabuhan Merak pada jam 10.40. Dalam pemantauannya, Sutarman ditemani oleh Kapolda Banten, M. Zulkarnain dan beberap pejabat Polda Banten lainnya.

“Transportasi di Pelabuhan Meraak sudah siap. Sebab Infra struktuktur, moda transportasi, jalan menuju pelabuhan, dan manajemen pengaturan sudah siap semua,” ujar Sutarman kepada media dalam konferensi pers pada Kamis (24/7) 

Sutarman juga menjelaskan, berdasarkan laporan dari PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan, pelabuhan Merak telah menyiapkan lima dermaga untuk kebutuhan penyeberangan. Jumlah kapal yang disiapkan mengangkut penumpang sebanya 27 kapal dari 43 kapal yang siaga setiap hari.

Pada dasarnya, ke 43 kapal yang dimiliki dan mengantongi izin siap untuk digunakan, namun, kapal jika seluruh kapal dikerahkan, maka akan terjadi antrian di atas laut untuk menunggu bongkar-muat barang. ”Dari pada antre di laut, lebih baik antri di darat, sebeb itu lebih aman. Makanya kita tidak memberangkatkan semua kapal,” ujar Sutarman.

 

 

Terpopuler