Jalur Pantura Macet Total

Rep: c72/ Red: Fernan Rahadi

Rabu 23 Jul 2014 22:20 WIB

Jalur Pantura Indramayu Foto: Republika/Wihdan Hidayat Jalur Pantura Indramayu

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Memasuki H-5 arus mudik mulai dipadati kendaraan pemudik. Kepadatan mulai terihat di jalur utama Pantai Utara (Pantura), bahkan kepadatan arus lalu lintas di ruas jalan Tegal sampai dengan Pemalang sempat menyebabkan macet total.

Arus lalu lintas macet total pada Rabu (23/07) mallam. Kemacetan terjadi sejak pukul 19.00 WIB. Kemacetan yang terjadi menyebabkan antrean kendaraan hingga sepanjang sekitar 5 kilometer.

Kemacetan tersebut membuat laju kendaraan yang melintas menjadi tersendat. Kendaraan seringkali harus menghentikan lajunya yang disebabkan oleh antrean yang sangat panjang. Kecepatan rata-rata dari kendaraan yang melintas pun hanya 0-20 kilometer per jam.

Kepadatan arus lalu lintas mayoritas dipenuhi oleh kendaraan pribadi seperti kendaraan roda dua dan mobil. Selain itu kepadatan juga dipadati oleh bus dan truk berukuran sedang.

Diperkirakan kemacetan yang terjadi disebabkan adanya pengalihan jalur semenjak jembatan kali comal besar ambles kendaraan yang melintas harus dialihkan melalui jalur alternatif.

Namun karena jalur tersebur memiliki ruas jalan yang tidak terlalu lebar, kendaraan yang akan melintas harus menganeuntuk melalui jalur tersebut. Diperkirakan antrean tersebutlah yang menyebabkan jalur utama Tegal menuju Pemalang macet total.

Kemacetan terjadi hanya terjadi pada ruas jalan dari arah Tegal menuju Pemalang. Sedangkan pada jalur pada arah sebaliknya arus lalu lintas terlihat cukup lancar.

Kemacetan pada ruas jalan dari arah Tegal menuju Pemalang masih terjadi hingga pukul 22.00 WIB. Dilihat dari panjangnya antrean kendaraan maka diperkirakan kemacetan baru dapat terurai pada tengah malam.

Terpopuler