Menu Kreatif Berbahan Susu (2-habis)

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Chairul Akhmad

Rabu 23 Jul 2014 15:57 WIB

Susu memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan sangat baik. Foto: Healthmeup.com Susu memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan sangat baik.

REPUBLIKA.CO.ID, Yang patut Anda catat, susu tak hanya dapat diminum begitu saja. Susu juga dapat dijadikan bahan dasar dalam pembuatan makanan.

Dengan susu, Anda bisa menciptakan menu-menu yang kreatif dan tentunya lezat. ''Buatlah makanan-makanan yang kreatif dan sehat,'' sambung Marketing and Insight Manager Fonterra Brands Indonesia Anindita Ikasari.

Salah satu contoh kreativitas itu, kata Anindita, adalah mengganti santan dengan krim yang gurih dan kaya gizi. Bisa juga dengan menambahkan butter dan susu dalam daftar bahan pembuat makanan. ''Hal-hal seperti ini bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi anak dan anggota keluarga yang berkurang saat berpuasa.''

Sementara, chef Arief dari Nanny's Pavilion, sebuah restoran dengan spesialisasi menu Barat dan Italia, mengatakan, makanan yang memakai bahan dasar susu akan terasa lebih gurih dan lembut. 

Susu, utamanya yang tanpa rasa (plain) bisa diolah menjadi beragam makanan. Lain halnya dengan susu yang memiliki rasa. ''Umumnya, digunakan untuk campuran minuman, seperti milkshake," katanya.

Dalam hal ini, ada sejumlah teknik yang perlu diterapkan jika Anda ingin membuat menu-menu berbahan dasar susu. Salah satunya, seperti disarikan dari sejumlah sumber, susu perlu terus diaduk saat dimasak agar tidak mudah gosong dan nutrisinya menguap. Karena itu, gunakan api  kecil saja.

Sebaiknya, tambahkan gula pada akhir proses memasak. Mengapa demikian? Penambahan gula di awal akan membuat rasa manisnya berkurang.

Susu bubuk dapat digunakan untuk menggantikan susu segar cair. Sebaiknya, campur terlebih dahulu susu bubuk dengan sedikit tepung dan lemak cair (minyak) dalam suhu ruang sebelum dicampur sedikit demi sedikit dengan air. Ingat, gunakan air hangat agar tidak menimbulkan gumpalan akibat susu yang tidak tercampur rata.

Jika hendak membuat makanan yang dipanggang, perhatikan benar-benar komposisinya. Terlalu banyak susu akan membuat adonan sulit mengembang.

Beberapa tips tersebut, semoga membuat Anda semakin siap dan semangat menciptakan menu-menu berbahan susu. Selamat berkreasi!

Terpopuler