Wagub Jatim Berangkatkan Mudik Gratis

Red: Damanhuri Zuhri

Rabu 23 Jul 2014 15:52 WIB

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf. Foto: IST Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wakil Gubernur Jawa Timur Saifulah Yusuf memberangkatkan puluhan bus dalam rangka mudik gratis untuk warga masyarakat dengan berbagai kota tujuan di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat serta Yogyakarta.

"Mudik gratis ini diperuntukkan bagi masyarakat yang biasa menggunakan sepeda motor yang jumlahnya 2.035 pemudik dengan tujuan empat provinsi yakni Jatim, Jateng, DI Yogyakarta, dan Jabar," kata Saifullah Yusuf di Surabaya, Rabu.

Gus Iful, begitu ia akrab disapa, mengemukakan, rute tujuan Jatim antara lain Ponorogo, Madiun, Pacitan, Trenggalek, Kediri, Tulungagung, Blitar, Banyuwangi, dan Jember.

"Sementara itu, untuk tujuan di Jawa Tengah seperti Cepu, Solo, Semarang, dan Tegal serta tujuan Yogyakarta. Sedangkan rute Jabar antara lain Tasikmalaya, Bandung, dan Cirebon," paparnya.

Ia mengatakan, untuk mudik gratis tahun ini sedikitnya terdapat 500 kegiatan mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan pihak lain.

"Mudik gratis ini mampu menampung sekitar 131 ribu pemudik dengan berbagai tujuan baik di Jatim maupun luar Jatim pada lebaran tahun 2014 ini," ujarnya.

Ia memprediksi, jumlah pemudik dari Jatim sebanyak 7,1 juta atau meningkat dibandingkan tahun lalu hanya 6,9 juta pemudik.

"Dengan adanya mudik gratis diharapkan dapat mengurangi jumlah kecelakaan lalulintas, mengurangi risiko beban jalan dan kemacetan, serta lebih praktis," ucapnya, berharap.

Ia juga berpesan kepada para pemudik dan pengemudi dapat menjaga keselamatan terutama saat berada di jalan raya.

"Mudah-mudahan lancar di jalan. Kepada para pengemudi, jaga keselamatan para penumpang. Bagi para pemudik, waktunya istirahat digunakan untuk istirahat," katanya.

Pelaksanaan Mudik Gratis Bersama Jasa Raharja ini merupakan komitmen Jasa Raharja dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas pada arus mudik maupun arus balik lebaran.

Tahun ini, kegiatan Mudik Gratis Jasa Raharja adalah yang ketujuh kalinya dengan jumlah sebanyak 27 ribu pemudik, 64 kota tujuan dan menyediakan 500 bus pariwisata.

Mudik Gratis tersebut diberangkatkan dari tiga kota, yakni sebanyak 425 bus dengan 34 kota tujuan dari Parkir Timur Senayan pada 22 Juli 2014, dari Surabaya 23 Juli 2014 sebanyak 50 armada dengan 17 kota tujuan dan dari Semarang pada 23 juli 2014 sebanyak 25 armada dengan 13 kota tujuan.

Terpopuler