Ribuan Pekerja Mudik Bareng Carrefour

Red: Julkifli Marbun

Rabu 23 Jul 2014 17:34 WIB

Carrefour Foto: Republika/Adhi Wicaksono Carrefour

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 6.955 pekerja di Jabodetabek, Karawang, dan Serang, mengikuti mudik bareng yang difasilitasi PT Trans Retail Indonesia (Carrefour) dengan tujuan kota di Jawa dan Sumatera.

Ribuan pemudik itu dilepas secara simbolis Menteri Perhubungan E E Mangindaan di Plasa Selatan Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu.

"Mudik ke kampung halaman adalah suatu tradisi masyarakat Indonesia yang membawa kesan sendiri bagi pemudik. Meski dalam suasana suka cita, tetap harus memperhatikan keselamatan," kata Manggindaan dalam sambutan sebelum melepas para pemudik pengguna bus secara simbolik rute Jakarta-Surabaya.

Ia mengemukakan, pemerintah telah berupaya maksimal menyediakan sarana dan prasarana transfortasi agar mudik Lebaran 2014 ini berjalan dengan lancar.

"Semua pihak bekerja keras dan berupaya menekan seminimal mungkin hambatan yang sering terjadi seperti kemacetan, kerusakan jalan, hingga molornya jadwal keberangkatan. Intinya, pemerintah ingin warganya selamat sampai tujuan (kampong halaman) dan begitu pula ketika kembali ke Jakarta," ujar dia.

Sementara Kepala Bidang Komunikasi dan CSR PT Trans Retail Indonesia Hendrik Adrianto mengatakan kegiatan mudik bareng ini untuk kali ketiga digelar yang merupakan realisasi penggunaan dana tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat.

"Tahun ini ada peningkatan sekitar seribu orang. Meski demikian, tetap saja tiket ludes dalam dua pekan," ujar Hendrix.

Ia merincikan, ribuan pemudik itu terbagi dalam berbagai moda transfortasi yakni 5.000 orang menggunakan bus, 1.435 orang menggunakan pesawat terbang, 200 orang menggunakan kereta api, dan 100 orang menggunakan kapal laut, dan 220 orang menggunakan mobil alphard.

"Bedanya dibandingkan sebelumnya, tahun ini ada mudik mewah menggunakan 44 mobil alphard. Angka 44 dipilih sebagai perwujudan jumlah usaha ritel yang ada di Jabodetabek," kata dia.

Ia menjelaskan, para pemudik yang terpilih ini merupakan konsumen Carrefour periode Juni-Juli 2014 yang berhasil mengumpulkan poin dengan cara berbelanja minimal Rp150.000.

Ketentuan yang diberlakukan yakni untuk tiket pesawat terbang harus mengumpulkan 35 poin, tiket bus dengan 10 poin, tiket kereta api dengan 20 poin, dan mudik dengan Alphard merupakan hasil undian dari konsumen yang terpilih menggunakan bus.

"Khusus untuk pemilik tiket pesawat, hanya untuk rute Jakarta menuju tiga kota yakni Medan, Makassar, dan Surabaya. Sementara pemudik dengan bus, perusahaan menjadikan Surabaya sebagai pemberhentian terakhir, begitu pula dengan kereta api, kapal laut, dan mobil," ujar dia.

Terpopuler