Baznas Palangka Raya Salurkan 650 Paket Sembako

Red: Damanhuri Zuhri

 Rabu 23 Jul 2014 11:29 WIB

Logo Baznas. Foto: blogspot.com Logo Baznas.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, menyalurkan sebanyak 650 paket sembilan bahan pokok (sembako) Ramadhan 1435 Hijriah untuk kaum dhuafa di daerah itu.

"Kami menyiapkan 650 paket sembako Ramadhan untuk kaum dhuafa yang ada di Palangka Raya," kata Ketua Baznas Palangka Raya Supriyanto di Palangka Raya, Rabu.

Supriyanto mengatakan bagi kaum dhuafa yang tidak sempat hadir pada pembagian paket sembako Ramadhan ini, dikarenakan jarak tempuh yang cukup jauh, paket sembako akan diantar langsung ke tempat masyarakat yang membutuhkannya.

Pihaknya juga menambahkan paket sembako ini berasal dari pemberian bantuan zakat Kemenag setempat sebanyak 180 paket, masyarakat berzakat sekitar 300 paket, Baznas sebanyak 55 paket dan pemerintah kota berzakat 40 paket.

"Sesuai intsruksi Presiden RI, bahwa Gubernur, BUMN, Bupati, Wali Kota sampai kantor Kemenag lainnya untuk memaksimalkan pengumpulan dan penyaluran zakat," ucap mantan Kepala Dinas Sosial Palangka Raya itu. Paket sembako Ramadhan itu masing-masing berisi beras, susu kental, gula, minyak goreng dan lainnya.

Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio mengatakan Baznas ini merupakan unit pengumpulan zakat (UPZ). Pemerintah Kota sudah memberi kesempatan kepada masyarakat agar bisa memberikan zakatnya untuk para kaum dhuafa melalui Bazas.

"Kami tidak bisa memaksa kesadaran masyarakat yang tergolong mampu untuk menyalurkan zakatnya dan ini tidak bisa dipaksakan," kata Mofit Saptono Subagio

Menurut Mofit Saptono Subagio, sembako Ramadhan itu adalah sebagai bentuk kepedulian Pemkot Palangka Raya dan Baznas kepada kaum dhuafa atau fakir miskin untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, khususnya dalam bulan Puasa.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X