Yang Otentik dari Timur Tengah (3-habis)

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Chairul Akhmad

Selasa 22 Jul 2014 22:17 WIB

Yaprak sarmasi tarifi, makanan Turki. Foto: Guncelyemektarifi.com Yaprak sarmasi tarifi, makanan Turki.

Restoran L'Avenue

Tak hanya di Restoran Satoo, menu autentik Timur Tengah juga tersaji di Restoran L'Avenue, Hotel Hermitage.

Seperti dikatakan Manajer Humas Hotel Hermitage Karina Eva Poetry, sejatinya restoran ini merupakan spesialis menu-menu Prancis. Namun, khusus di bulan suci Ramadhan, Restoran L'Avenue juga menyuguhkan olahan kuliner khas Timur Tengah.

Adalah Executive Sous Chef Didi Sarwono yang mengolah menu-menu Timur Tengah untuk para tamu restoran ini. Di jajaran menu pembuka, tersaji sejumlah makanan ringan, seperti hoummus, tabouleh, umm ali, baklava, dan aneka manisan buah yang dikeringkan.

Sebelum menyantap makanan utama, boleh juga Anda menyeruput semangkuk sup hangat penggugah selera. Cobalah lamb harira soup yang menurut sejumlah tamu restoran ini, sangat lezat. “Sup ini asalnya dari Mesir dan dibuat dari kaldu kambing,” kata Didi.

Selain potongan daging kambing, sup ini juga berisi aneka sayuran dan kacang-kacangan khas Arab. Untuk bahan kuahnya, ditambahkan pula pasta tomat. Alhasil, sup ini memiliki cita rasa gurih dan asam tomat yang menyegarkan.

Cita rasa tomat juga sangat terasa pada arabic tomato rice (nasi tomat). Bertabur kismis dan kacang almond, nasi ini disantap dengan sejumlah pilihan lauk. Salah satunya lamb shank curry. Sesuai dengan namanya, sajian ini tampil dengan kuah kari yang kental dan berempah.

Menurut Didi, yang telah melanglang buana sebagai chef di sejumlah negara, kuah sajian ini merupakan campuran dari krim dan santan. “Tapi, lebih banyak santannya,” katanya. Campuran krim dan santan inilah yang membuat kuah kari ini begitu gurih.

Selain lamb shank curry, pria berusia 33 tahun ini juga menyajikan beberapa jenis makanan utama lainnya, seperti lamb curry fried rice, moroccan chicken, cinnamon rice, chicken kabsa, dan lainnya. Manakah yang Anda pilih?

Terpopuler