Hindari Comal, Lewati Tiga Jalur Alternatif Berikut

Red: Agung Sasongko

Selasa 22 Jul 2014 17:47 WIB

Fokus Pengerjaan Jembatan Darurat. Petugas bersama aparat TNI bersama mengrjakan pembangunan jembatan darurat pasca amblesnya Jembatan Comal, Pemalang, Jawa Tengah, Senin (21/7). (Republika/ Wihdan) Foto: Republika/ Wihdan Fokus Pengerjaan Jembatan Darurat. Petugas bersama aparat TNI bersama mengrjakan pembangunan jembatan darurat pasca amblesnya Jembatan Comal, Pemalang, Jawa Tengah, Senin (21/7). (Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemudik diharapkan dapat menggunakan tiga jalur alternatif untuk menghindari Jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah, yang kini sedang diperbaiki sehingga masih tidak dapat dilalui kendaraan.

"Ada tiga alternatif jalur yang dapat dipilih oleh pengguna jalan, terkait runtuhnya jembatan Comal, Pemalang, Jawa Tengah," kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (22/7). Bambang memaparkan, jalur alternatif pertama adalah jalur lokal yaitu jalan-jalan tingkat kabupaten yang meliputi jalan kecil dengan lebar sekitar 4 meter.

Jalur alternatif itu, ujar dia, tidak diperuntukkan untuk kendaraan berat. Sedangkan jalur alternatif kedua adalah melalui jalur tengah yaitu melewati Temanggung atau Wonosobo. "Jalur tersebut dapat dilalui kendaraan berat. Tetapi jaraknya memutar cukup jauh, sekitar 65--70 km," jelasnya. Terakhir atau jalur alternatif ketiga adalah para pengguna dapat beralih total ke jalur selatan.

Sementara untuk antisipasi peralihan kemacetan di Jalur Selatan akibat peralihan tersebut, Wamenhub meminta peningkatan koordinasi antara petugas dinas perhubungan setempat dan petugas kepolisian. Kemenhub juga telah menegaskan bahwa tidak boleh ada kenaikan tarif terkait amblesnya Jembatan Kali Comal sebagai akibat dari pengalihan rute sehingga jarak yang ditempuh lebih jauh.

 

Terpopuler