Ini Alasan Tertundanya Keberangkatan di Terminal Pulogadung

Rep: c89/ Red: Agung Sasongko

Selasa 22 Jul 2014 16:16 WIB

Jembatan Comal, Pemalang. Foto: Republika/Wihdan Hidayat Jembatan Comal, Pemalang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ambruknya jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah berpengaruh terhadap keberangkatan pemudik di Terminal Tanjung Priok. Ini karena, armada bus yang mengangkut para pemudik tertahan di Jawa Tengah dan Timur.

Akibatnya pihak terminal kekurangan armada bus untuk mengangkut para penumpang tersebut.  Hal ini ditegaskan oleh M.Alfred, kepala terminal Tanjung Priok, selasa (22/7).

Menurutnya penumpukan kendaraan yang datang dari Jawa Tengah dan Jawa Timur terjadi di jalur selatan akibat pengalihan arus. Sehigga kebanyakan angkutan belum banyak yang sampai di Jakarta. "Harusnya kan lewat Utara, tapi karena Comal, dialihkan lewat Selatan, makanya macet disana,"terangnya.

Terkait hal ini, diakui oleh Alfred pihaknya sudah meminta bantuan tambahan armada dari beberapa perusahaan bus. Namun mereka (PO) juga memiliki kendala yang sama, sejumlah busnya masih tersendat di jalur selatan. 

"Kita udah minta tambahan armada ke macam-macam PO, busnya masih belum sampai Jakarta,"tambah Alfred.

Selanjutnya ia menuturkan penumpang yang tersendat lebih didominasi ke arah Madura, Jawa Timur. Puncak penumpukan calon penumpang di terminal ini menurutnya terjadi setiap pukul 17.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Terpopuler