Anak Tetap Nyaman Saat Mudik, Ini Tipsnya

Rep: c91/ Red: Agung Sasongko

Selasa 22 Jul 2014 16:11 WIB

Mudik Anak Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto Mudik Anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mendengar kata mudik, antusiasme anak-anak begitu tinggi. Dalam pikiran mereka, mudik itu merupakan kesempatan mereka untuk bermain dan bermain.

Namun, ketika berada di jalan, tentu situasinya berbeda. Rasa mual bakal muncul. Belum lagi rasa lelah. Ini yang harus disiasati para orang tua.

Dokter Rini Sunarwati SpA dari Rumah Sakit Graha Permata Ibu, mengatakan, anak dapat diajak melakukan kegiatan atau permainan menyenangkan untuk mengalihkan perhatiannya. Cara tersebut juga bisa mengatasi mabuk perjalanan yang dideritanya.

Ia juga mengingatkan kepada para orang tua, agar tetap memberikan asupan gizi, dan jangan lupa diberi susu. Anak perlu diberi gizi cukup, agar tak lemas ketika di perjalanan.

Berikutnya, jangan lupa atur sirkulasi udara yang diterima si anak. Biasanya anak merasa mual dan tak nyaman, karena udara pengap di dalam kendaraan. Selain itu berikan obat anti mabuk khusus anak. Hanya saja, obat tersebut hanya boleh diminum oleh anak usia dua tahun ke atas.

Terpopuler