H-4 Arus Mudik dari Pantura Dialihkan

Red: Agung Sasongko

Selasa 22 Jul 2014 15:28 WIB

Kapolri, Jendral Polisi Sutarman. Foto: Republika/Yasin Habibi Kapolri, Jendral Polisi Sutarman.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pada saat H-4 Lebaran arus mudik dari pantai utara akan dialihkan melalui jalur Selatan Cikopo-Cileunyi-Nagreg menghindari kepadatan di Pamanukan Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Kapolri Jenderal Sutarman mengatakan memasuki H-4 arus mudik akan dialihkan melalui jalur Selatan Nagreg, untuk menghindari kepadatan kendaraan di Pamanukan Kabupaten Subang. 

"Pengalihan arus mudik akan terus diupayakan, supaya tidak terjadi penumpukan di jalur utara melalui Cikampek-Subang-Indramayu-Cirebon hingga perbatasan Jawa Tengah, selain itu jembatan Comal dalam tahap perbaikan," kata dia, Selasa (22/7).

Sutarman mengungkap jembatan Comal akan selesai sekitar dua hari, tapi untuk kendaraan angkutan barang yang bermuatan berat diatas 10 ton, tetap mengarah Nagreg tembus Tasikmalaya menuju Jawa Tengah sehingga beban jalur utara berkurang.

Pihaknya sudah menghimbau truk ekpedisi bermuatan diatas 10 supaya melintasi jalur selatan Nagreg dari Cileunyi menuju Tasikmalaya dan Kabupaten Garut, Jawa Barat, karena jembatan Comal dalam tahap perbaikan. Menurut dia, truk bermuatan lebih dari 10 ton, dikhawatirkan menghambat perbaikan jembatan Comal, sehingga akan hambat arus mudik lebaran 2014 di jalur pantura.

Sementara itu terkait arus mudik lebaran 2014, jalur selatan dari Cileunyi mengarah Garut dan Tasikmalaya siap dilalui pemudik, hanya beberapa titik yag diperkirakan terjadi tumpukan kendaraan. Pantauan di jalur mudik selatan, iring-iringan pemotor mulai mewarnai jalur Nagreg, dari Cileunyi mengarah Kabupaten Garut dan Tasikmalaya.

Terpopuler