Pemudik Mobil Pribadi Meningkat di Pelabuhan Merak

Rep: C60/ Red: Julkifli Marbun

Selasa 22 Jul 2014 14:02 WIB

Sejumlah truk menanti kedatangn kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (22/7).(Republika/Prayogi). Foto: Republika/Prayogi Sejumlah truk menanti kedatangn kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (22/7).(Republika/Prayogi).

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -– Jumlah pemudik yang menggunakan mobil pribadi yang melewati pelabuhan Merak terus meningkat. Humas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Cabang Merak, Mario S Utomo mengungkapkan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi relatif bertambah.

“Terutama kendaraan pribadi roda empat Senin (21/7) berjumlah 4.112 unit,” ujar Mario kepada Republika, Selasa (22/7). Jumlah mobil pribadi yang melintas bertambah 248 unit dari hari sebelumnya.

Walupun terjadi peningkatan mobil pribadi, namun secara umum pemudik justru berkurang. Mario menyatakan, total pemudik pada hari Senin (21/7) berjumlah 39 ribu lebih, sepeda motor 1.746 unit, bus 353 unit, dan truk 1.905 unit.

Secara akumulatif angka tersebut lebih kecil dari penyeberang Ahad (20/7). Ahad kemarin, jumlah total penumpang yang menyeberang berjumlah hingga 42 ribu orang lebih. Terdiri dari 1.905 motor, 3.864 mobil pribadi, 427 bus dan 2.028 truk.

Kendati demikian, angkat itu jauh lebih banyak dari hari biasa. Pada hari biasa, sepeda motor hanya sekitar 700 unit, mobil 1.500 unit, bus 250 unit dan truk 1.500 unit.

Dalam pantauan Republika, antrean kendaraan meningkat hingga ke luar area pelabuhan pada malam hari. Para pemudik diduga lebih memilih mudik malam hari karena kebanyakan pemudik berpuasa pada siang hari. Di malam hari, pengguna kendaraan selain sepeda motor bisa mengantre selama dua hingga tiga jam untuk masuk ke dalam kapal.

Kondisi ini sesuai dengan yang diprediksikan sebelumnya. Ahad lalu, Mario memprediksi, peningkatan penyeberang akan berakhir hari Ahad. Sementara, pada Senin (21/7) jumlah pemudik akan menurun. Hal itu disebabkan hari senin merupakan hari kerja aktif.

Dalam pantauan Republika, area parkiran di dalam kawasan pelabuhan merak terhitung lengang. Di dalam kawasan pelabuhan hanya terdapat beberapa bus, mobil pribadi yang hendak masuk ke dalam kapal untuk menyeberang.

Peningkatan kendaraan relartif meningkat di malam hari. Di malam hari antrean bisa mengular hingga ke luar area kawasan pelabuhan Merak. hal itu dikarenakan pemudik menghindari panas saat perjalanan di siang hari.

Terpopuler