Selama Lebaran 46 SPBU di DIY Buka 24 Jam

Rep: yulianingsih/ Red: Damanhuri Zuhri

Selasa 22 Jul 2014 11:01 WIB

Petugas membantu warga mengisi bahan bakar minyak di sebuah SPBU, Jakarta, Selasa (25/3). Foto: Republika/Prayogi Petugas membantu warga mengisi bahan bakar minyak di sebuah SPBU, Jakarta, Selasa (25/3).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pertamina wilayah DIY dan Surakarta telah menyiapkan 46 SPBU untuk buka 24 jam. SPBU tersebut berada di jalur-jalur utama arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini.

"SPBU ini buka 24 jam dari H-10 hingga H+10 lebaran," ungkap Branc Manager Pertamina Area DIY dan Surakarta, Fredy Anwar, Senin (21/7).

Jumlah SPBU buka 24 jam ini hanya 50 persen dari jumllah SPBU yang ada. Jumlah seluruh SPBU di DIY sebanyak 92 unit yang terletak di Kota Yogyakarta 16 unit, Kabupaten Sleman 34 unit, Kabupaten Kulonprgo 10 unit, Kabupaten Bantul 23 unit dan Kabupaten Gunungkidul 9 unit.

Diakuinya, konsumsi BBM selama lebaran akan naik signifikan. Untuk konsumsi premium diperkirakkan naik 40 persen dan solar 5 persen. "Untuk solar hanya sedikit karena angkutan berat selama lebaran tidak beroperasi," katanya.

Kebutuhan premium di DIY pada hari biasa sebanyak 1.500 kilo liter per hari dan solar 350 kilo liter per hari. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, pihaknya juga menyiapkan SPBU kantong.

SPBU kantong ini akan ditempatkan di Gunungkidul pada saat pasca lebaran. SPBU kantong ini merupakan mobil tangki Pertamina yang melakukan jemput bola penyediaan bensin bagi konsumen.

Selain itu pihaknya juga menambah satu armada mobil tangki untuk suplay BBM ke SPBU. Saat ini jumlah armada mobil tangki sebanyak 61 unit dan ditambah satu unit saat lebaran ini.

Terpopuler