Jelang Lebaran, RSUD Sekayu Siagakan Mobil Ambulans

Red: Julkifli Marbun

Selasa 22 Jul 2014 09:00 WIB

Petugas kesehatan (ilustrasi) Foto: treatmentoptions.info Petugas kesehatan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEKAYU -- Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu, Kabupaten Musibanyuasin, Sumatera Selatan, menjelang Lebaran 2014 menyiapkan sejumlah mobil ambulans yang siaga selama 24 jam, guna memberi pelayanan pada para pemudik.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu dr H Azmi Dariusmansyah melalui humasnya Yeti Septiani, Selasa, mengatakan, dalam rangka meningkatkan pelayanan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah kendaraan ambulan dan petugas bagian gawat darurat siaga 24 jam.

"Bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan dari RSUD Sekayu dapat segera menghubungi Call Center 0714 119 yang diharapkan masyarakat segera menghubungi pada nomor tersebut," katanya.

Ia mengimbau masyarakat, seandainya terjadi kecelakaan di sekitar wilayah Sekayu, untuk menggunakan fasilitas mobil ambulans tersebut. Mereka dapat menghubungi petugas rumah sakit, sehingga ambulans dapat cepat datang ke lokasi kecelakaan dan korban segera mendapatkan penanganan lebih lanjut.

"Saat ini jumlah kendaraan mobil ambulan RSUD Sekayu sebanyak sembilan unit, dan di setiap Pusat Kesahatan Masyarakat (Puskesmas) sudah disediakan mobil ambulan siaga selama 24 jam," ungkapnya.

Selain itu, pihak RSUD Sekayu sudah siagakan Unit Gawat Darurat (UGD) 24 jam, termasuk peralatan yang diperlukan pasien sudah siap semua, yakni infus, oksigen, alat kejut jantung dan peralatan lainnya, katanya.

Sementara, di saat menjelang Idul Fitri tentu arus mudik memadati jalan lintas tengah yang sering kali terjadi kecelakaan. Oleh karena itu pihak RSUD Sekayu sudah siagakan ambulan dan petugas UGD untuk lebih cepat dan tanggap dengan adanya pelayanan Call Center tersebut.

"Diperkirakan puncak keperluan terhadap mobil ambulan dan UGD, pada lima hari menjelang Idul Fitri hingga sehari sebelum lebaran," ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa kondisi RSUD Sekayu saat ini melayani pasien perhari mencapai 10 orang datang ke UGD. Meski masih normal belum ada peningkatan sejak memasuki bulan Ramadhan, namun rata-rata pasien tersebut datang ke RSUD setempat akibat terjadi kecelakaan kendaraan.

"Rawannya kecelakaan di wilayah Sekayu, pihak RSUD setempat menyarankan para pemudik untuk mengecek terlebih dahulu kesehatannya, karena salah satu faktor penyebabnya adalah karena kondisi tubuh kurang fit terutama para pengemudi," katanya.