DLLAJ Tes Urine Sopir Angkutan Lebaran

Red: Hazliansyah

Selasa 22 Jul 2014 07:40 WIB

 Petugas melakukan tes urine pengemudi bus antarkota dan antarprovinsi di Terminal Cicaheum, Bandung, Selasa (6/8).  (Republika/Edi Yusuf) Petugas melakukan tes urine pengemudi bus antarkota dan antarprovinsi di Terminal Cicaheum, Bandung, Selasa (6/8). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, CIBINONG -- Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memeriksa kelayakan armada angkutan lebaran dan melakukan tes urine terhadap sopir angkutan umum di Terminal Cibinong, Senin.

"Ini pemeriksaan rutin, DLLAJ bersama Polres Bogor melakukan pemeriksaan ini untuk memastikan kesiapan angkutan lebaran," ujar Kepala DLLAJ Kabupaten Bogor Subiantoro.

Subiantoro menjelaskan, uji kelayakan bus angkutan lebaran dimulai dari H-5 sampai dengan H+ 2 lebaran. Pemeriksaan mencakup kondisi rem, lampu sein, lampu utama, ban, dan bodi angkutan lebaran.

"Pemeriksaan berlaku untuk bus jarak jauh maupun dalam kota. Pengecekan diutamakan bus keluarga 90 ke atas," kata Subiantoro.

Kapolres Bogor AKBP Sonny Mulvianto Utomo menambahkan, pemeriksaan dilakukan sebagai salah satu upaya mencegah kecelakaan.

"Tujuan pemeriksaan ini untuk memperkecil potensi kecelakaan lalu lintas yang kita sama-sama tahu disebabkan oleh kendaraan yang tidak siap," kata Kapolres.

Tes urine dilakukan juga untuk mengetahui apakah sopir tidak di bawah pengaruh alkohol dan narkotika. "Tes dilakukan rutin di semua terminal," kata Kapolres.

Terpopuler