Sedap Berbuka dengan Sup Jamur, Ini Resepnya

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Agung Sasongko

Senin 21 Jul 2014 16:54 WIB

Sup Jamur Foto: NCC Indonesia Sup Jamur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun ini, sebagian besar negara mayoritas Muslim menjalani puasa pada bulan Ramadhan sedikit lebih berat karena jadwal menahan lapar dan hausnya beberapa jam lebih lama. Musim panas tahun ini membuat tubuh kehilangan cairan cukup banyak dan tubuh selalu terhidrasi dengan baik. 

Menu makanan ketika berbuka puasa sangat penting untuk mempertahankan gaya hidup sehat. Sup merupakan hidangan tradisional saat berbuka puasa. Berbagai variasi hidangan sup di meja makan Anda selama Ramadhan menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Sup akan mengisi cairan tubuh Anda yang hilang saat Anda berpuasa disiang hari.
Sup selain kaya vitamin juga mineral dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Berikut adalah lima sup paling direkomendasikan untuk menu berbuka puasa Anda, dilansir dari Islam.Ru, Senin (21/7). Sup jamur sangat bagus untuk makanan keluarga karena bisa dibuat dengan cepat. Tidak ada daging, sehingga Anda tidak akan mendapatkan lemak sebab semua materinya adalah sayuran. Apa resepnya?
BAHAN
4 sendok makan mentega
1 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1,5 cangkir irisan jamur
4 cangkir kaldu ayam
2-3 batang seledri
1 batang wortel
1 sendok makan peterseli
2 sendok makan tepung
Garam dan merica
CARA MEMBUAT
- Panaskan 2 sendok makan mentega dalam panci di atas api sedang. Tambahkan bawang merah dan bawang putih kemudian aduk sampai menjadi kekuningan.
- Masukkan jamur dan aduk selama dua menit.
- Tambahkan seledri dan wortel dan aduk.
- Tambahkan petereli, kaldu, garam, dan merica, lalu aduk. Didihkan. Kurangi panasnya lalu biarkan selama 15 menit.
- Lelehkan sisa mentega dalam panci kecil, kemudian rambahkan tepung terigu kemudian aduk terus untuk menghindari hangus.
- Tambahkan satu cangkir sup cair dan mentega, campurkan tepung, dan aduk sampai solid.
- Saring campuran dan tuangkan kembali sup ke dalam panci. Aduk sup kemudian biarkan masak sampai mendidih dan sajikan segera.
- Anda dapat menambahkan 2-4 sendok makan krim untuk menambahkan rasa ke dalam sup.

Terpopuler