Jembatan Comal Ambles, Tarif Bus naik

Rep: c81/ Red: Esthi Maharani

Senin 21 Jul 2014 16:30 WIB

Alat berat bersiap mengerjakan lanjutan perbaikan jembatan sementara Kali Comal, Pemalang, Jawa Tengah, Ahad (20/7). (Republika/ Wihdan) Foto: Republika/ Wihdan Alat berat bersiap mengerjakan lanjutan perbaikan jembatan sementara Kali Comal, Pemalang, Jawa Tengah, Ahad (20/7). (Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, PULO GADUNG - Amblesnya Jembatan Comal, Pemalang, Jawa Tengah menyebabkan tarif bus dinaikan. Kepala terminal Pulogadung, Jakarta Timur mengakui adanya kenaikan itu.

"Kita tidak bisa pungkiri kalau memang ada kenaikan tarif yang berlaku terkait Jembatan Comal ini," kata Arafat di terminal Pulo Gadung, Jakarta Timur, Senin (21/7).

Kenaikan ini, lanjut Arafat, dikarenakan jalur yang digunakan memutar. Artinya, jalur tempuh ke tempat tujuan lebih jauh dan memakan waktu yang cukup lama.

Meski harganya mengalami kenaikan, tetapi ia menekankan tetap ada ketentuannya. Yakni tarif batas atas bus tidak boleh melebih Rp161 per km per penumpang. Sedangkan batas bawah tidak boleh lebih kecil dari Rp99 per km per penumpang.

Salah satu pemudik, Maemunah yang akan mudik ke Madura mengaku membeli tiket yang lebih mahal dari biasanya. "Biasanya beli Rp240 ribu sekarang Rp540 ribu," ungkapnya.

Selain itu, Maemunah juga harus menunggu kedatangan bus jurusan Jakarta-Madura yang tak kunjung tiba hingga Senin sore. Padahal ia sudah ada di terminal sejak pagi hari.

Terpopuler