Warga Venezuela Tertarik Pelajari Ritual Puasa

Rep: mgrol25/ Red: Agung Sasongko

Senin 21 Jul 2014 15:56 WIB

Salah satu sudut kota Caracas, Venezuela. Foto: AP Salah satu sudut kota Caracas, Venezuela.

REPUBLIKA.CO.ID, CARACAS -- Masyarakat Venezuela mulai memahami kebiasaan umat Islam berpuasa di bulan Ramadhan ini. Dalam laporan PressTV.ir, Senin (21/7), warga non-Muslim kerap memperhatikan umat Islam yang berpuasa sejak fajar sampai terbenamnya matahari.

Sejumlah orang bahkan berduyun-duyun belajar dari komunitas muslim untuk memahami nilai-nilai Islam. "Di ibukota Venezuela, Caracas, orang-orang dari semua agama datang ke ulama untuk diajarkan tentang Alquran dan nilai-nilai Islam," Hojatolah Soltani, Duta Besar Iran untuk Venezuela, menjelaskan.

Menurut statistik, saat ini ada 300.000 muslim yang tinggal di Venezuela. Muslim-muslim ini datang dari negara-negara Timur tengah, seperti Syiria, Lebanon, dan Iran. Sesuai dengan kalendar Islam, umat Islam di Venezuela pun menjalani puasa.

Selain sebagai sarana beribadah, masyarakat muslim Venezuela menjadikan Ramadhan sebagai ajang untuk memperbanyak ama dengan memberikan sebagian harta mereka. Mereka yakin, Ramadhan adalah bulan keberuntungan.