Mudik Bonceng Tiga akan Disetop (2-habis)

Red: Damanhuri Zuhri

Senin 21 Jul 2014 02:12 WIB

Pemudik Sepeda Motor Foto: Republika/Agung Supriyanto Pemudik Sepeda Motor

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Wahyu Syahputra/Agus Yulianto

Masyarakat diimbau tidak mudik menggunakan motor.

Sisanya dari unsur potensi masyarakat, seperti Pramuka dan Komunitas Orari (Organisasi Amatir Radio Indonesia), dalam rangka melakukan pemantauan keselamatan masyarakat di jalan raya, kata dia.

Kapolri juga mengatakan telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk menghadapi mudik Lebaran 2014.

Kapolri Jenderal Sutarman menjelaskan, kecelakaan lalu lintas pada mudik Lebaran 2013 di atas 5.000 kasus yang menurut dia merupakan angka yang besar. Apalagi ditunjang dengan 795 meninggal dunia dan 1.335 luka berat.

Sutarman mengatakan sudah berkoordinasi dengan Kemenkes. Untuk siagakan seluruh RS dan puskesmas sepanjang pantura, jalur Sumatra, dan lainnya. Sehingga, setiap kejadian, kita bawa ke RS untuk dirawat, kata dia.

Rezeki pengojek

Sementara itu, laporan di lapangan menunjukkan, menjelang masuknya waktu shalat Zhuhur, Sabtu (19/7), moda transportasi darat mulai memadati jalur pantura, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jabar.

Ribuan kendaraan roda dua, empat, hingga bus dan truk-truk besar seakan tak henti meramaikan suasana arus mudik di jalur terpadat di Tanah Air ini.

Moda transportasi darat itu masih bisa memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi. Kondisi ini pun ditunjang dengan “mulusnya” badan jalan di jalur pantura Jabar.

Meningkatnya aktivitas transportasi arus mudik lebaran ini tentunya membawa berkah tersendiri bagi para tukang ojek yang mangkal di Pertigaan Celeng, Kabupaten Indramayu.

Betapa tidak, penghasilan mereka pun bertambah berlipat kali. ''Alhamdulillah, namanya juga rezeki,'' kata salah satu tukang ojek di Pertigaan Celeng, Dion (30 tahun).

Dibandingkan dengan hari-hari sebelum Ramadhan, kata dia, penghasilan yang didapat dari mengojek hanya berkisar Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu per hari. Menurut dia, penghasilannya itu akan semakin meningkat dengan semakin dekatnya waktu lebaran.

Terpopuler