Arab Saudi Hidupkan Tradisi Mendongeng Selama Ramadhan

Rep: Priyantono Oemar / Red: Citra Listya Rini

Senin 21 Jul 2014 00:59 WIB

Dongeng (ilustrasi). Foto: Blogspot.com Dongeng (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Tenda-tenda didirikan di sejumlah pusat perbelanjaan di Riyadh, Arab Saudi, selama Ramadhan. Anak-anak berkumpul di tenda-tenda itu, menyimak cerita. 

Arabnews, Ahad (20/7) melaporkan ini merupakan tahun ketiga bagi Riyadh International Catering Corporation mengisi Ramadhan dengan menghidupkan tradisi mendongeng. Mendongeng disebut sebagai bentuk seni hiburan tertua.

Pendongeng tradisional di Arab dikenal dengan istilah Al Hakawati. Mereka mendongengkan kisah-kisah folklore yang penuh pesan moral. Di tenda-tenda itu, anak-anak berkesempatan tampil sebagai pendongeng.

Kesempatan anak-anak tampil sebagai pendongeng baru diadakan tahun ini. Tahun-tahun sebelumnya, yang mendongeng adalah orang dewasa.

‘’Pengalaman saya menjadi hakawati sangat menarik dan menyenangkan,’’ kata Abdul rahman Omran. Tampil sebagai pendongeng, memberinya kesempatan mengembangkan imajinasi dalam bercerita dan bertemu banyak anak. 

‘’Ini kali pertama saya mendengar kisah dari pendongeng,’’ujar Abdullah Al Rashad, salah satu anak.

Ia biasanya mendapat cerita dengan cara menonton televisi atau membuka youtube. ‘’Kami tertawa banyak,’’ tambah Abdullah mengenai kegiatan di tenda hakawati yang ia nilai sebagai kegiatan yang interaktif.