ASDP Padangbai Siapkan 27 Kapal Mudik Lebaran

Red: Hazliansyah

Ahad 20 Jul 2014 13:10 WIB

Puluhan truk antri untuk diseberangkan ke Lombok di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali, Sabtu (16/2). Jadwal penyeberangan kapal fery Bali-Lombok beberapa kali terpaksa ditunda akibat gelombang tinggi dan cuaca buruk di perairan Selat Lombok. Foto: Antara Foto Puluhan truk antri untuk diseberangkan ke Lombok di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali, Sabtu (16/2). Jadwal penyeberangan kapal fery Bali-Lombok beberapa kali terpaksa ditunda akibat gelombang tinggi dan cuaca buruk di perairan Selat Lombok.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Pelabuhan Padangbai, di Kabupaten Karangasem, Bali, menyiapkan 27 kapal roro yang akan melayani arus mudik Bali-Lombok menjelang Lebaran.

"Kami siapkan 27 kapal untuk mudik Lebaran," kata Arsil selaku Manajer ASDP Indonesia Ferry Cabang Pelabuhan Padangbai, dihubungi dari Denpasar, Minggu.

Pihaknya juga telah menyiapkan dua unit loket khusus pemudik sepeda motor dan dua loket lagi untuk pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat. "Dalam keadaan normal kami hanya menggunakan tiga unit loket," imbuhnya.

Sedangkan penyeberangan akan dilayani oleh dua unit dermaga yang sudah siap melayani penyeberangan mudik Lebaran.

Sebelumnya ASDP Padangbai menyiapkan 28 armada kapal roro (roll on roll off) namun armada tersebut berkurang karena pada Kamis (17/7) malam, satu unit Kapal Motor Penumpang Gelis Rauh mengalami musibah kebakaran di tengah laut saat hendak menuju Pelabuhan Lembar, di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Meski demikian pihaknya berharap dengan 27 armada kapal, penyeberangan Bali-Lombok bisa tetap dilayani.

Puncak arus mudik di Pelabuhan Padangbai, di Kabupaten Karangasem diperkirakan terjadi pada Jumat (25/7) hingga Minggu (27/7). Sedangkan arus balik diperkirakan akan terjadi pada H+1 (Rabu 30/7) hingga H+3 (Jumat 1/8) dalam kondisi padat.

Terpopuler