Puskemas di Kulon Progo Layani Kesehatan Pemudik 24 Jam

Red: Hazliansyah

Ahad 20 Jul 2014 12:01 WIB

Calon pemudik Foto: Republika/Prayogi Calon pemudik

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO -- Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiagakan 11 puskesmas untuk memberikan pelayanan kesehatan 24 jam kepada pemudik pada Lebaran 1435 Hijriah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulon Progo Bambang Haryatno di Kulon Progo, Ahad, mengatakan 11 puskesmas tersebut semua berada di jalur mudik yakni jalur selaran mulai Puskesmas Temon I, Temon II, Sentolo I, Sentolo II, Panjatan I, dan Galur II, sedangkan wilayah utara di Puskesmas Nanggulan I dan Puskesmas Kalibawang.

"Puskesmas ini siap memberikan pelayakan kesehatan baik rawat inap hingga pelayanan pasien rawat jalan. Sebab, puskemas ini buka 24 jam yang dilayani langsung oleh dokter dan tenaga kesehatan," kata Bambang.

Ia mengatakan pihaknya juga mendirikan posko pelayanan kesehatan di Terminal Wates. Pos pelayanan kesehatan ini siap memberikan pelayanan kesehatan selama 24 jam bekerjasama dengan kepolisian dan TNI.

Bambang mengatakan puskesmas yang tidak memberikan pelayanan 24 jam hanya libur pada libur lebaran yakni 28-29 Juli, selebihnya tetap memberikan pelayanan pada jam kerja.

"Puskemas yang libur saat lebaran ini tidak berada di jalur mudik seperti di Kecamatan Kokap, Lendah, Girimulyo, dan Samigaluh," kata dia.

Selain itu, lanjut Bambang, pihaknya melalui puskesmas juga melakukan pemantuan terhadap pemudik yang datang dari tempat perantuan seperti dari Sumatera, Kalimantan dan Papua yang merupakan endemis malaria.

"Penyakit dari daerah endemi sangat potensial untuk menular. Untuk itu, kami berupaya mengantisipasi hal ini, khususnya penyebaran malaria," katanya.

Terpopuler