Semarak Ramadhan di Rusia

Red: Damanhuri Zuhri

Jumat 18 Jul 2014 15:05 WIB

Muslim Rusia melaksanakan buka puasa bersama. Foto: Islam.ru Muslim Rusia melaksanakan buka puasa bersama.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Nashih Nashrullah

Festival Ramadhan dihelat di Kota Moskow, Rusia. Kegiatan yang berlangsung di Memorial Mosque, Poklonnaya Hill, ini merupakan yang kesembilan kali.

Agenda tahunan yang digelar Dewan Mufti Rusia ini bekerja sama dengan Bidang Islam Pemerintah Kota Moskow. Kegiatan ini diharapkan dapat memfasilitasi puluhan Muslim Moskow untuk bersilaturahim dan berbuka puasa bersama.

Pembukaan Ramadan Tent 30 Juni itu dihadiri Syekh Ali dari Mesir yang membacakan ayat-ayat Alquran dan Ketua Dewan Mufti Rusia Mufti Syekh Ravil Gaynutdin.

Mufti Moskow Ildar Hazrat Alyautdinov menyampaikan selamat kepada Muslim di Rusia yang berjumpa kembali dengan Ramadhan.

''Ramadan Tent terbuka untuk siapa saja, dari negara atau agama apa pun,” ungkap Mufti Ildar seperti dikutip Islam.ru, Rabu (2/7).

Sebelumnya, selama empat kali, perhelatan ini digelar di halaman Masjid Hisyam di Kota Yekaterinburg, Sverdlovsk. Tak hanya ramai dengan bazar makanan, kajian Islam juga dilaksanakan.

Bazar makanan menjual aneka makanan tradisional berbagi etnis Muslim di Rusia, seperti Tatar, Bashkir, Uzbek, Tajik, Kyrgyz, Dagestan, dan Chechen.

Memasuki Ramadhan, Muslim di Kota Balakovo, Saratov, juga merapikan fisik Masjid Balakovskaya dan dipercantik dengan lampu hias serta spanduk bertuliskan “Ramadhan” di atas pintu masuk.

Ide ini digulirkan organisasi Muslimah 'Firdaus' di Saratov. Imam Masjid Balakovskaya Abdurahman-Hazrat Tugushev mengungkapkan, sejumlah kegiatan dirancang untuk menghidupkan Ramadhan tahun ini.

Selain iftar bersama, kuliah seputar manfaat dan makna Ramadhan, lomba kreativitas anak-anak, dan kegiatan kepemudaan, seperti latihan olahraga bersama, pun digelar. Muslim Rusia memulai Ramadhan pada 28 Juni dan akan berhari raya pada 28 Juli.