Makanan Kaleng Praktis Sih, Tapi... (1)

Rep: mgrol22/ Red: Damanhuri Zuhri

Jumat 18 Jul 2014 03:59 WIB

Makanan kaleng Foto: telegraph.co.uk Makanan kaleng

REPUBLIKA.CO.ID,

Makanan yang dikalengkan akan lebih tahan lama dan bertambah cita rasanya.

Di zaman serbacepat dan sibuk ini, konsumsi makanan dalam kemasan menjadi kebutuhan. Tak terkecuali makanan yang dikemas dalam kaleng. 

Saat ini, begitu banyak produk pangan yang dijual dalam kemasan kaleng, mulai dari ikan, daging, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Semua ini dimaksudkan untuk membantu gaya hidup orang modern yang serbasibuk tadi.

Mudah dan cepat diolah, rasanya enak pula. Itulah salah satu keunggulan makanan kaleng, sehingga banyak orang yang memilihnya.

Tak terkecuali di bulan Ramadhan ini. Saat sahur, ketika waktu yang tersedia untuk memasak begitu pendek, bahan pangan dalam kaleng menjadi salah satu pilihan.

Namun sejatinya, di luar kepraktisannya, banyak hal yang perlu Anda ketahui mengenai makanan kaleng, termasuk kelebihan dan kekurangannya.

Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia Prof Dr Hardinsyah MS mengatakan, makanan yang dikemas dalam kaleng akan membuatnya lebih tahan lama.

Aneka hasil laut seperti ikan dan buah-buahan yang sifatnya musiman akan sangat melimpah pada masa puncak panen. Padahal, orang ingin mengonsumsi ikan dan buah-buahan itu sepanjang tahun.

''Bagaimana caranya? Ya dengan mengawetkannya dalam kemasan kaleng, orang jadi tidak perlu cemas akan kekurangan kebutuhan ikan dan buah ini," jelasnya.