Ini Waktu yang Tepat Berolahraga Saat Puasa

Red: Agung Sasongko

Kamis 17 Jul 2014 22:23 WIB

Olahraga Foto: Antara Olahraga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berolahraga harus tetap dilakukan meskipun sedang melaksanakan ibadah puasa. Namun, waktu terbaik yang dianjurkan oleh para ahli yang terbaik adalah pada waktu satu jam sebelum berbuka puasa. Dua sampai tiga jam setelah berbuka puasa juga bisa dilakukan.

Raida Al-Habib, ahli gizi dan terapi fisik mengatakan, olahraga pada saat bulan ramadhan dilakukan selama 30 menit. Tetap berolahraga pada bulan ramadhan untuk menjaga kesehatan tubuh. Bulan ramadhan, kata Al-Habib, merupakan tantangan bagi seseorang untuk berolahraga. Menurutnya, pada bulan ramadhan seseorang harus pintar mengatur waktu berolahraga dan sosial-keagamaan.

Menurut Al-Habib mengkonsumsi makanan yang sehat pada saat berbuka dan sahur juga sangat penting. Al- Habib mencontohkan, saat berbuka puasa atau sahur harus ada sayur yang dimasak dan buah-buahan. “gorengan dan permen harus dihindari sebisa mungkin,” ujar Al-Habib, Kamis (17/7) seperti dilansir Arabnews.

Al-Habib menuturkan, jika orang yang berpuasa mengalami kelelahan pada siang hari maka bertarti tidak ada keseimbangan antara makanan yang dikonsumsi pada saat berbuka dan sahur. Misalnya, kata Al-Habib, mengkonsumsi makana berlemak yang berlebihan.c67/Rahmat Fajar

Terpopuler