ROL dan Kementerian PU Sosialisasikan Kesiapan Jalur Mudik pada Netizen

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Agung Sasongko

Kamis 17 Jul 2014 17:39 WIB

Ngobrol Foto: Republika/Adhi Wicaksono Ngobrol

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Republika Online (ROL) menyosialisasikan kesiapan jalur mudik untuk lebaran dengan menggandeng netizen di Jakarta. Diskusi 'Ngobrol Bareng ROL' atau ngobROL ini berlangsung di Ruang Sapta Taruna, Kementerian PU, Kamis (17/7).

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum, Djoko Mursito mengatakan perkembangan media sosial di Indonesia semakin besar. Dari sisi pengguna, sebagai contoh, Facebook di Indonesia sudah mencapai 65 juta akun, urutan keempat di dunia. Pengguna Twitter di Indonesia mencapai 29 juta akun atau kelima terbesar di dunia.‬ Oleh sebabnya, Kementerian PU menyadari pentingnya peranan netizen.

"Kesiapan infrastruktur PU, khususnya jalan selalu menjadi pengamatan publik. Dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat untuk bisa mengakses informasi kesiapan jalur lebaran, Kementerian PU mengajak para pengguna media sosial, termasuk blogger untuk lebih banyak mengakses informasi," ujar Djoko, Kamis (17/7).

‪Pimpinan Redaksi Republika, Nasihin Masa menambahkan Republika banyak menghimpun komunitas dan aktivis di dunia maya (netizen) sebagai pilar kelima demokrasi.‬ Menurutnya, mudik adalah ritual yang terjadi setiap tahun. Jumlah pemudik beserta jumlah infrastrukturnya perlu dijelaskan kepada publik.‬

‪"Pemudik perlu mendapatkan penjelasan supaya mudik bisa berjalan lancar dan kecelakaan lalu lintas saat mudik lebaran bisa berkurang," kata Nasihin.

Terpopuler