Menghidupkan Kembali Kartu Lebaran

Red: Yudha Manggala P Putra

Kamis 17 Jul 2014 17:07 WIB

 Pedagang melayani pembeli yang memilih kartu Lebaran dagangannya di Kompleks Kantor Pos Perwakilan Jakarta Pusat, Jakarta, Senin (13/8) (Aditya Pradana Putra/Republika). Pedagang melayani pembeli yang memilih kartu Lebaran dagangannya di Kompleks Kantor Pos Perwakilan Jakarta Pusat, Jakarta, Senin (13/8) (Aditya Pradana Putra/Republika).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika banyak orang menggunakan SMS, instant messaging, email dan social media untuk mengucapkan selamat hari raya, sekelompok orang justru menghidupkan kembali antusiasme orang-orang untuk bersilaturahim dengan kartu pos.

"Menerima kartu ucapan Lebaran yang berbentuk itu pasti rasanya beda daripada menerima ucapan yang hanya berbentuk digital," ujar Ketua Komunitas Card to Post, Rizki Ramadan.

Komunitas Card to Post setiap tahun berkirim kartu ucapan Lebaran kepada sesama anggota maupun teman dan keluarga.

Rizki,  alumni Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran itu, menjelaskan komunitas yang digagasnya bertujuan untuk mengajak orang-orang mencoba komunikasi yang lebih otentik karena kartu pos mengharuskan orang untuk menulis tangan.

Komunitas yang kini beranggotakan lebih dari 1.000 orang tersebut juga mendorong anggotanya membuat kartu pos dengan kreativitas sendiri sehingga pengirim dan penerima kartu ucapan tersebut dapat saling mengapresiasi karya.

Kreasi pembuatan kartu sangat beragam mulai dari gambar tangan, foto yang dicetak, potongan-potongan gambar atau tulisan dari majalah yang kemudian disusun dan ditempel apik, kartu timbul (pop up card), hingga kartu pos yang dilengkapi dengan Teka-Teki Silang.

"Intinya ingin mengembalikan budaya berkirim kartu pos karena berkirim kartu pos itu seru," kata Rizki.

Menjelang Idul Fitri 1435 Hijriah, komunitas yang berdiri pada 17 November 2011 tersebut bekerja sama dengan salah satu mal di daerah Bintaro Jakarta Selatan akan membuat workshop pembuatan kartu pos bagi anak-anak.

"Melalui kegiatan bertema 'Lebaran untuk Keluarga' itu kami ingin mengenalkan kartu pos pada anak-anak," kata Rizki.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu 19 Juli mendatang di Bintaro Exchange Mall dari pukul 12.00-18.00 WIB.

Terpopuler