Acara Buka Puasa Bersama di Lithuania Diawasi Polisi

Rep: Iit Septyaningsih / Red: Chairul Akhmad

Rabu 16 Jul 2014 21:50 WIB

Sejumlah Muslim Lithuania menggelar acara buka puasa bersama. Foto: Worlbulletin.net Sejumlah Muslim Lithuania menggelar acara buka puasa bersama.

REPUBLIKA.CO.ID, VILNIUS -- Polisi di ibukota Lithuania, Vilnius, telah mencatat sejumlah nama orang yang menghadiri buka puasa bersama di Islamic Culture and Education Center. Acara itu diadakan oleh Jamaah Tabligh.

Seperti Dilansir dari World Bulletin, Rabu (16/7), terdapat dua kantor polisi yang mengawasi acara yang berlangsung pada Sabtu malam tersebut. Mereka mencatat semua orang yang masuk dan keluar gedung sejak pagi.

Polisi berpatroli di sejumlah jalan. Setiap orang yang lewat diminta melaporkan tempat tujuannya. Kemudian setiap orang yang akan memasuki gedung, diharuskan menunjukkan kartu identitasnya.

Polisi berdalih, hal ini dilakukan demi menjaga keamanan. Hanya saja masyarakat menilai, cara tersebut seperti prosedur di jaman Uni Soviet dahulu. Sebelumnya, aturan itu  diterapkan pada mereka yang terlibat dalam praktik keagamaan.

Jamaah Tabligh sendiri merupakan gerakan Islam dengan prinsip dakwah nabi. Mereka selalu mengajak dan menyampaikan Islam dengan cara Nabi Muhammad SAW. Gerakan itu didirikan oleh Muhammad Ilyas al-Kandhlawi di India pada 1926.

Terpopuler