Memasak dengan Microwave (1)

Rep: Mgrol22/ Red: Chairul Akhmad

Rabu 16 Jul 2014 14:48 WIB

Microwave merupakan alat memasak yang fungsinya tidak banyak berbeda dengan oven. Foto: Republika/Wihdan H Microwave merupakan alat memasak yang fungsinya tidak banyak berbeda dengan oven.

REPUBLIKA.CO.ID, Hampir semua masakan dan kue bisa diolah di dalam microwave.

Ada microwave di dapur Anda? Cobalah eksplorasi kemampuannya. Banyak hal yang bisa dilakukan peranti memasak modern ini untuk mengolah makanan lezat sekaligus sehat.

Tak hanya bisa memanaskan makanan, microwave juga bisa digunakan untuk memasak, pas sekali untuk meringankan tugas-tugas di dapur selama bulan Ramadhan.

Michael Adisuhanto, manajer produk Small Home Appliances PT Panasonic Global Indonesia, mengatakan, microwave merupakan alat memasak yang fungsinya tidak banyak berbeda dengan oven. Bahkan, dapat dikatakan, microwave merupakan oven listrik yang modern.

Secara umum, jelas dia, microwave menggunakan getaran gelombang mikro untuk menimbulkan panas sedangkan oven menggunakan filamen khusus untuk memijarkan api. Microwave bekerja dengan memancarkan gelombang elektromagnetik berfrekuensi super tinggi, yakni di atas 3 GHz (3×109 Hz).

Jika gelombang mikro diserap oleh sebuah benda akan muncul efek pemanasan pada benda tersebut. Artinya, jika makanan menyerap radiasi gelombang mikro maka makanan menjadi panas dan masak dalam waktu singkat. Proses inilah yang dimanfaatkan dalam oven microwave.

Saat ini, Michael mengatakan, terdapat tiga macam microwave yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Pertama, microwave tipe straight atau solo model. Microwave tipe ini berfungsi untuk menghangatkan makanan.

Kedua, microwave tipe grill yang berfungsi untuk menghangatkan dan memanggang makanan, seperti ayam, ikan, ataupun daging.  Ketiga, microwave tipe convection yang cocok untuk membuat kue.

Meski terdapat tiga jenis microwave, Anda tak perlu bingung memilihnya. “Sebaiknya, pilih microwave yang sesuai dengan kebutuhan Anda di dapur,” tutur Michael. 

Jika prioritas kebutuhan Anda adalah menghangatkan makanan maka pilihlah microwave tipe straight. Jika hanya untuk kegiatan panggang-memanggang, pilihlah tipe grill. “Nah jika hanya butuh untuk membuat kue, pilih yang tipe convection. Mudah, bukan?” tutur Michael dalam jumpa pers di Jakarta, belum lama ini.

Terpopuler