Semen Indonesia Hidupkan Blanggur Ramadhan

Red: Chairul Akhmad

Rabu 16 Jul 2014 11:06 WIB

Blanggur Ramadhan di Semen Indonesia Jawa Timur. Foto: Portalgresik.com Blanggur Ramadhan di Semen Indonesia Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, Masyarakat Gresik, dahulu memiliki tradisi yang berlangsung pada Ramadhan, yakni blanggur. Tradisi ini dilakukan tiap bulan Ramadhan.

Dalam tradisi tersebut, baik orang tua maupun anak muda berkumpul di alun-alun membunyikan petasan sambil menantikan buka puasa.

Dengan perkembangan dan kemajuan zaman, tradisi itu sekarang sudah mulai hilang. Bahkan, anak-anak muda sekarang banyak yang tidak mengetahui apa itu blanggur. Tradisi ini kembali ingin dimunculkan oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

''Melalui program CSR, Semen Indonesia mencoba menghidupkan kembali tradisi tersebut dan memperkenalkan pada masyarakat di kota-kota sekitar Gresik agar mereka mengenal budaya tempo dulu masyarakat Gresik,'' ujar Direktur Utama PT Semen Indonesia Dwi Soetjipto di Gresik baru-baru ini.

Tradisi Blanggur Ramadhan yang digelar PT Semen Indonesia ini, akan berkeliling menyambangi tujuh kota di Jawa Timur. Kegiatan tersebut digelar mulai 10  hingga 23 Juli mendatang.

Blanggur menggunakan truk trailer yang disulap menjadi warung mobil. Saat dilepas pertama kali oleh Dirut PT Semen Indonesia, rombongan blanggur bergerak menuju kota persinggahan pertama yakni  Jombang.

Setelah itu, blanggur bergerak ke Jember, Malang, Kediri, Madiun, Tuban, dan terakhir di Gresik. Di setiap kota, Blanggur Ramadhan singgah selama dua hari. Di tiap kota itu, tim blanggur membagikan 1.500 paket takjil serta pohon produktif, yakni mangga, jambu, dan nangka kepada masyarakat.

Selain menyajikan hiburan musik rohani, Blanggur Ramadhan juga menyelenggarakan sejumlah kegiatan dan lomba. Seperti lomba diba' dan permainan interaktif yang mengajak partisipasi masyarakat.

''Program Blanggur Ramadhan ini memiliki fungsi ganda, yaitu berbagi kepada masyarakat melalui program CSR  dan juga memperkenalkan produk yang dimiliki perseroan,'' kata Dwi Soetjipto.

Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai upaya melestarikan budaya masyarakat Kabupaten Gresik tempo dulu.  Pada tahun ini, Blanggur Ramadhan mengambil tema ''Menselaraskan Keimanan dan Takwa dalam Kehidupan Bermasyarakat''. 

Kegiatan ini menampilkan berbagai acara bernuansa Islami yang dipadu dengan komitmen perseroan untuk selalu peduli pada alam dan lingkungan. Selain itu juga mengolaborasikan budaya dan dakwah.

Terpopuler