Mau Coba Sup Lezat Khas Palestina, Ini Resepnya

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Agung Sasongko

Rabu 16 Jul 2014 11:12 WIB

Sup Miju-miju Foto: Courtesy Sup Miju-miju

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun ini, sebagian besar negara mayoritas Muslim menjalani puasa pada bulan Ramadhan sedikit lebih berat karena jadwal menahan lapar dan hausnya beberapa jam lebih lama. Musim panas tahun ini membuat tubuh kehilangan cairan cukup banyak dan tubuh selalu terhidrasi dengan baik.

Menu makanan ketika berbuka puasa sangat penting untuk mempertahankan gaya hidup sehat. Sup merupakan hidangan tradisional saat berbuka puasa. Berbagai variasi hidangan sup di meja makan Anda selama Ramadhan menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Sup akan mengisi cairan tubuh Anda yang hilang saat Anda berpuasa disiang hari.

Sup selain kaya vitamin juga mineral dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Berikut adalah lima sup paling direkomendasikan untuk menu berbuka puasa Anda, dilansir dari Islam.Ru, Kamis (10/7).

1. Sup miju-miju

Sup miju-miju adalah hidangan wajib Ramadhan bagi rakyat Palestina dan negara-negara Timur Tengah saat merayakan bulan suci. Lentil adalah bahan utama dari berbagai hidangan otentik khas kawasan Mediterania. Ini diyakin sup tertua yang dibuat dari kacang-kacangan yang dibudidayakan di wilayah tersebut. Lentil kaya akan serat, protein, dan vitamin C serta rendah kalori yang menjadikannya sebagai pilihan yang super sehat. Apa resepnya?

BAHAN

1/4 cangkir minyak zaitun

1 cangkir bawang merah, cincang halus

1 cangkir kacang merah, dicuci

2 kubus kaldu sayur

Garam secukupnya

1 sendok jintan

1 sendok teh kunyit

1/2 lemon, diperas

Peterseli untuk hiasan

CARA MEMBUAT

- Panaskan panci di atas api sedang, tumis bawang yang sudah dicincang halus dengan minyak zaitun sampai bewarna kecoklatan.

- Masukkan kacang dan aduk dengan bawang 1-2 menit. Untuk memberi rasa lebih enak, kacang juga bisa dipanggang sebelum ditumis.

- Tambahkan kaldu sayuran dan 6 gelas air. Anda juga bisa menambahkan 6 cangkir kaldu ayam buatan sendiri.

- Tutup panci dan biarkan dimasak di bawah api kecil selama 1 jam atau sampai lentil menjadi lembut dan creamy.

- Setelah mereka matang, tambahkan jinten, kunyit, garam secukupnya, dan air perasan lemon.

- Aduk seluruh campuran menggunakan blender untuk membuat sup menjadi koheren dan berkrim.

- Hiasi dengan peterseli dan sajikan selagi panas.

Terpopuler