BAZ Bangka Himpun ZIS Rp 428 Juta

Red: Damanhuri Zuhri

Rabu 16 Jul 2014 05:22 WIB

Zakat (ilustrasi). Foto: wordpress.com Zakat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUNGAILIAT -- Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sampai akhir Juni 2014 berhasil menghimpun dana zakat, infaq dan shadaqah (ZIS) dari masyarakat sebesar Rp 428,08 juta.

"Sampai akhir Juni 2014 kami sudah berhasil menghimpun dana ZIS dari seluruh lapisan masyarakat sebanyak Rp 428 juta lebih," kata Ketua BAZ Kabupaten Bangka, Syaiful Zohri di Sungailiat, Selasa.

Dia mengakui jumlah dana ZIS yang berhasil dihimpun masih jauh dari target yang ditetapkan hingga akhir 2014 sebesar Rp 1 miliar.

"Sampai akhir tahun 2014 kami menargetkan penerimaan ZIS mencapai Rp 1 miliar, dan kami optimistis target tersebut dapat tercapai," katanya.

Syaiful menambahkan, peruntukan dana yang berhasil dihimpun untuk kesejahteraan masyarakat dalam bentuk berbagai kegiatan sosial dan bantuan.

"Persoalan ZIS adalah masalah kesadaran masyarakat, kami tidak berhak memaksa kecuali hanya mengajak atau sebatas mengimbau," katanya menjelaskan.

Syaiful juga menyebutkan penerimaan ZIS secara nasional masih terbilang kecil dibanding dengan jumlah penduduk yang mencapai 240 juta jiwa lebih.

"Secara nasional penerimaan ZIS Rp 2,9 triliun, jauh lebih rendah dibanding Arab Saudi yang mencapai Rp 100 triliun dari jumlah penduduk yang hanya 24 juta jiwa," katanya.

Terpopuler