Masjid Siapkan Iktikaf (2-habis)

Rep: c78/ Red: Damanhuri Zuhri

Selasa 15 Jul 2014 14:01 WIB

masjid baitul ihsan bank indonesia Foto: foto: damanhurizuhri/republika masjid baitul ihsan bank indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,

Biasanya, situasi masjid berubah seperti pesantren saat kegiatan iktikaf berlangsung.

Terungkap, ada beberapa jamaah dari Solo. Mereka datang sekeluarga untuk beriktikaf di Baitul Ihsan. Agung menambahkan, jamaah iktikaf terdiri atas semua kalangan. Dari kelompok usia muda hingga usia lanjut.

Ia bercerita,  pernah ada  jamaah yang sudah tua, namun tetap semangat mengikuti kegiatan shalat malam. Padahal imam shalat bacaannya panjang-panjang hingga mencapai tiga juz.

Jamaah itu justru senang karena imam fasih dengan bacaannya. “Kalau capai saya shalat sambil duduk saja,” kata Agung menirukan ucapan jamaah itu.

Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat juga menggelar iktikaf. Humas Ramadhan Masjid Agung Sunda Kelapa Adhi Laksono mengatakan iktikaf berlangsung selama sepuluh hari terakhir puasa.

Puncak iktikaf atau iktikaf akbar pada hari ke 27 Ramadhan atau hari ke 26 malam. Istilah iktikaf akbar, kata dia, dilihat dari banyaknya jamaah yang bisa mencapai enam hingga tujuh ribu orang. Dengan banyaknya jamaah, pengurus masjid siap memberikan layanan.

Jamaah bakal mendapat makan sahur. Mereka juga memberikan bimbingan ibadah dan kajian berupa tadarus, tausiyah, dan shalat malam yang dimulai setelah Tarawih. Tak ada program khusus sebab pada prinsipnya jamaah iktikaf akan dibimbing imam.

Pelayanan lainnya dalam bentuk perbaikan dan penambahan fasilitas air. Untuk jamaah perempuan dan laki-laki, ada fasilitas penambahan keran air dan kamar mandi. ‘’Ada sekitar 90 keran wudhu baru dan 20 kamar mandi,’’jelas Adhi.

Untuk mengoptimalkan kegiatan tausiyah, pengurus masjid menyediakan proyektor dan pendingin udara. Adhi menyatakan, siapapun dapat beriktikaf gratis. Ia berharap tahun ini antusiasme jamaah semakin tinggi.

Adhi melihat akhir-akhir ini jamaah Tarawih khususnya mengalami penurunan. Ia mengaku tak tahu pasti alasan penurunan itu tetapi ia perkirakan karena sering hujan di sore hari.

Terpopuler