Palembang Bukan Hanya Pempek (2-habis)

Red: Chairul Akhmad

Senin 14 Jul 2014 22:29 WIB

Kue kojo khas Palembang. Foto: Mandathechef.com Kue kojo khas Palembang.

Oleh: Maspril Aries

Pada Ramadhan sarikaya gampang ditemui di pasar-pasar beduk. Nah, di luar bulan puasa, kue ini biasanya dijual di rumah makan atau restoran khas Palembang/Sumatra Selatan.

Di rumah makan itu, sarikaya dihidangkan sebagai makanan penutup. Kue ini tersedia di atas meja bersama buah-buahan untuk dimakan seusai bersantap siang atau malam.

Menurut Maya, membuat sarikaya tidak sulit. Bahan-bahannya juga sederhana dan mudah didapatkan, seperti telur, gula, santan, dan daun pandan atau daun suji sebagai pewarna alami.

Cara membuatnya, telur dikocok bersama gula hingga rata, kemudian masukkan santan dan pewarna alami dari daun pandan atau daun suji. Kemudian, masukkan adonan tersebut ke dalam mangkuk berukuran kecil  lalu dikukus sampai matang.

Kue sarikaya, kata Maya, kerap dimakan bersama ketan. Jika tak ada ketan, sarikaya bisa dimakan begitu saja. Rasanya legit dengan tekstur yang lembut.

Selain sarikaya manis, bisa pula dibuat sarikaya dengan beragam variasi rasa sesuai selera pembuat dan penikmatnya.  ''Misalnya, ada sarikaya dengan rasa durian dan sebagainya.''  Untuk menikmatinya, sarikaya bisa disantap dalam keadaan hangat maupun dingin.

Kue kojo

Bagaimana dengan kue kojo? Membuat kue kojo pun tidak terlalu sulit, bahkan tidak jauh berbeda dengan cara membuat sarikaya. Perbedaan hanya terletak pada cara memasaknya.

"Kue kojo dibuat dengan cara dipanggang di dalam oven, sementara sarikaya dikukus. Permukaan kue kojo tidak hijau seperti sarikaya, tapi kecokelatan sebagai hasil dari pemanggangan," kata Maya.

Selain kue kojo, warga Palembang juga menggemari kue lapis kojo. Kue lapis susu ini rasanya manis dan legit. Cita rasanya yang lezat membuat kue lapis ini sering dijadikan buah tangan oleh para pelancong yang mengunjungi kota ini.

Tapi, seperti kue lapis lainnya, kue lapis kojo ini menuntut kesabaran dalam membuatnya. ''Membuatnya sedikit lebih rumit dan butuh waktu.''

Tak hanya laris manis saat Ramadhan, kue kojo juga menjadi buruan warga Palembang saat Idul Fitri. Ya, karena kue ini selalu hadir di meja bersama kue-kue Lebaran lainnya.

Nah, jika Anda berkesempatan mengunjungi Palembang pada Ramadhan ini, sempatkan untuk mencicipi ragam kudapan khas tersebut. Kini, Anda pun tahu bahwa Palembang tak hanya memiliki pempek.

Terpopuler