KAI Sediakan Gerbong Gratis untuk 3.150 Motor Pemudik

Rep: C88/ Red: Yudha Manggala P Putra

Senin 14 Jul 2014 20:17 WIB

Petugas membersihkan gerbong kereta api di Stasiun Senen, Jakarta Pusat. Foto: Republika/ Yasin Habibi Petugas membersihkan gerbong kereta api di Stasiun Senen, Jakarta Pusat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sebagai salah satu bentuk peningkatan pelayanan jelang lebaran, PT KAI menyediakan gerbong gratis khusus sepeda motor.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Hanggoro Budi Wiryawan, kepada wartawan Senin (14/7) di Jakarta, menfatakan tahun ini kuota yang tersedia untuk arus mudik sebanyak 3.150 unit sepeda motor. Demikian pula untuk arus balik tersedia kuota sebanyak 3.150 unit. Sehingga, target sepeda motor yang diangkut adalah sebanyak 6.300 unit.

Sepeda motor yang diangkut menggunakan kereta tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, penumpang tetap diwajibkan membayar tiket seperti biasa.

Hanggoro menjelaskan, adanya fasilitas ini merupakan bentuk edukasi kepada masyarakat.

"Kami mengajak masyarakat agar tidak mudik menggunakan motor apalagi untuk jarak jauh," jelas Hanggoro.

Pemerintah, melalui PT KAI, mengingatkan bahwa 70 persen kecelakaan saat mudik dialami oleh pengendara motor.

"Bayangkan jika satu keluarga yang meninggal adalah tulang punggungnya, itu bisa menjadi pemiskinan sistematis," lanjutnya.

Fasilitas gerbong khusus sepeda motor telah memasuki tahun kedua. Pada 2013 kuota angkutan sepeda motor hanya 800 unit. Kini, dengan persiapan yang lebih matang kuota angkutan sepeda motor dapat meningkat secara signifikan.

Hingga hari ini, kuota sepeda motor untuk lebaran 2014 masih menyisakan 2.800 unit

Terpopuler