Terminal Pekalongan Siapkan Penginapan Gratis

Red: Agung Sasongko

Senin 14 Jul 2014 17:00 WIB

Kota Pekalongan Foto: Republika/ Tahta Aidilla Kota Pekalongan

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN -- Terminal Bus Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menyiapkan penginapan gratis kepada para pemudik yang ingin beristirahat dan kemalaman untuk meneruskan perjalanan ke kampung halamannya.

Kepala Terminal Bus Kota Pekalongan, Ali Tas'an di Pekalongan, Senin, mengatakan bahwa penginapan gratis ini mampu menampung sekitar 100 orang yang ingin sekadar beristirahat dan menunda melanjutkan perjalanan ke kampung halamannya.

"Penginapan tersebut berada di lantai dua dan dilengkapi dengan kamar mandi. Pemudik bisa beristirahat di penginapan tanpa dipungut biaya," katanya.

Ia mengatakan pihanya belum bisa memprediksi jumlah penumpang bus yang masuk terminal bus pada saat arus mudik Lebaran mendatang. Namun, kata dia, berkaitan dengan pelayanan mudik gratis, pemkot akan memberikan kenyamanan dan keamanan pada para pemudik yang kelelahan dan kemalaman melanjutkan perjalanan ke kampung halamannya.

"Kami berharap pada para pemudik tidak memaksakan diri melanjutkan perjalanannya jika kondisinya lelah dan kurang nyaman dalam perjalanan menuju ke kampung halamannya," katanya.

Ia mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik lebaran 2014, Terminal Bus Kota Pekalongan menyiapkan sebanyak 591 angkutan jenis bus antarkota antarpropinsi (AKAP), bus antarkota dalam propinsi (AKDP), serta angkutan pedesaan dan angkutan kota.

"Selain itu, untuk memngantisipasi terjadinya lonjakan penumpang, kami juga menyiapkan 25 bus pariwisata sebagai cadangan. Jumlah bus cadangan ini, lebih sedikit dibanding tahun lalu yang mencapai 50 armada," katanya.

Terpopuler