Tumbuhkan Kepedulian Lewat Konser Amal Berbalut Jazz

Rep: C72/ Red: Yudha Manggala P Putra

Sabtu 12 Jul 2014 19:20 WIB

Ramadhan Jazz Festival Foto: Republika/Agung Supriyanto Ramadhan Jazz Festival

REPUBLIKA.CO.ID, MENTENG -- Pada Ramadhan kali ini kegiatan sosial kembali digalakan oleh Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA). Kegiatan itu adalah Ramadhan Jazz Festival (RJF), yang dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama.

"Konser ini dapat disebut sebagai konser amal karena semua musisi yang berpartisipasi dalam kegiatan ini tidak menerapkan tarif atau gratis, selain itu penonton juga dapat berpartisipasi dan beramal melalui penggalangan dana dan berbagai macam donasi," ucap Ketua Umum RICMA Artha Muhammad Soeharto, Jumat (11/7).

"Dalam konser ini para musisi dapat beramal melalui penampilanya yang mengibur para penonton, sedangkan penonton dapat beramal melalui donasi baik berupa uang tunai dan buku, bahkan dalam rangkaian acara kali ini penonton juga dapat melakukan donor darah."

Artha mengatakan ada beberapa program peduli dalam acara diselenggarakan di halaman Masjid Cut Meutia Menteng Jakarta Pusat, selama Jumat dan Sabtu tanggal 11-12 Juli.

"Untuk program donor darah hanya diselenggarakan pada Jumat pukul 17.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB, sedangkan rangkaian acara lainya yang terselenggara di hari Jumat dan Sabtu acara dimulai pukul 20.30 WIB sampai dengan pukul 00.00 WIB," ucap Artha.

Artha menjelaskan bahwa hasil pengumpulan dari penggalangan dana akan disalurkan untuk saudara-saudara kita di Palestina. Untuk penyaluranya RICMA menjalin kerjasama dengan Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Selain itu peserta juga dapat mendonasikan dana melalui Dompet Dhuafa yang juga melakukan kerjasama dengan RICMA. Untuk donasi yang berupa buku akan dikonsentrasikan untuk dibagikan di Indonesia bagian timur.

Ia juga menjelaskan karena saat Ramdhan pasokan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) cenderung menipis, maka RICMA bekerjasama dengan PMI untuk menyelenggarakan kegiatan donor darah dalam kegiatan tersebut.

"Tahun ini merupakan RJF yang keempat, yang membedakan RJF tahun ini dengan RJF pada tahun-tahun sebelumnya adalah adanya artis pendukung yang lebih banyak dan adanya kegiatan sosial yang lebih beragam seperti donor darah dan donasi untuk Palestina," ucap Artha.

Beberapa artis yang berpartispasi dalam RJF hari Jumat adalah Prass Audiensi, Otti Jamalus, Yance Manusama, Raisa, Gugun and The Blue Shelter, All Voices, Beben Jazz and Friends, Saud the Voice and ENP Music serta Shena Malsiana. "selain itu Kami juga kedatangan Host terkenal Indra Bekti yang dalam kesempatan kali ini juga turut mendonorkan darahnya," ucap Artha.

Sedangkan pada hari Sabtu 12 Juli RJF akan dimeriahkan oleh Tulus, Tohpati, Idang Rasjidi, Tiwuk Rayie, Japra, Lantun Orcestra serta Clorophyil feat Teza Sumendra.

"Berdasarkan perhitungan sementera buku yang berhasil terkumpul pada hari Jumat sekitar 700 buah buku, kantong darah yang berhasil dihimpun oleh PMI mencapai 60 kantong darah dan hal ini melebihi ekspektasi PMI yang hanya menargetkan 50 kantong darah sedangkan bantuan berupa uang tunai yang dialokasikan untuk saudara-saudara di Palestina saat ini telah  mencapai sekitar Rp 4 juta," ucap Artha.