Kemilau Cincau (3-habis)

Rep: Mgrol22/ Red: Chairul Akhmad

Jumat 11 Jul 2014 22:36 WIB

Cincau. Foto: Republika/Wihdan Hidayat Cincau.

REPUBLIKA.CO.ID, Bagaimana cara memilih cincau yang baik? Pertama, lanjut Yustina, perhatikan warnanya. 

Sejatinya, cincau hitam maupun hijau memiliki warna yang bening, mengilat, dan agak transparan. Jika di pasar, Anda melihat cincau yang warnanya kusam dan mengkerut, pastikan jangan dibeli.

Kemudian, cermati aromanya. Sebelum membeli, cium dulu aromanya. Jika tercium bau asam atau tengik, sebaiknya jangan dipilih. Amati pula teksturnya.

"Cincau yang baik itu bertekstur kenyal dan ‘renyah’ jika dipotong, namun kalau menemukan cincau yang mengerut dan dipotong tidak lembut, jangan dikonsumsi," ujar Yustine.

Nah, jika Anda membeli cincau, namun belum akan mengolahnya pada hari itu, ia menyarankan untuk menyimpannya di dalam kulkas agar tidak bau. ''Setelah dibeli, cincau sudah harus digunakan paling lama satu-dua hari.''

Saat mengolahnya menjadi beragam minuman segar dan Anda ingin menambahkan sirup sebagai pemanis, Arie menyarankan untuk menggunakan sirup warna merah dengan rasa rose. Bisa juga sirup rasa cocopandan dan vanila.

Untuk menghasilkan sajian dengan cita rasa terbaik, disarankan pula untuk memilih cincau dengan rasa original. Sebab, saat ini banyak produk cincau yang diberi beragam perisa, seperti rasa jeruk. ''Cincau yang original akan lebih sedap dan lebih menyegarkan, rasanya juga lebih alami.''