Seluruh Jembatan Timbang di Jabar akan Difungsikan Jadi Rest Area

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Nidia Zuraya

Jumat 11 Jul 2014 09:34 WIB

Sejumlah petugas dinas perhubungan melakukan pengecekan berat kendaraan di Jembatan Timbang Losarang , Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (27/7) malam. Foto: Republika/Prayogi Sejumlah petugas dinas perhubungan melakukan pengecekan berat kendaraan di Jembatan Timbang Losarang , Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (27/7) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON - Lebaran Idul Fitri 1435 H akan tiba, pemerintah pun mengatur masa angkutan mudik 2014. Seperti biasa, truk barang dilarang beroperasi pada masa tertentu. Sedangkan jembatan timbang truck akan berubah fungsi menjadi lokasi istirahat pemudik atau rest area.

''Tidak hanya Jembatan Timbang di Losarang yang akan berfungsi sebagai rest area, tapi juga seluruh jembatan timbang yang ada di Jawa Barat (Jabar) akan difungsikan untuk tempat istirahat pemudik,'' ujar  Kepala Dishub Jabar, Dedi Taufik, kepada ROL, Jumat (11/7).

Menurut Dedi, selama musim mudik lebaran mulai H-7 hingga H+4 seluruh jembatan timbang akan berhenti beroperasi melakukan penindakan dan pengawasan kendaraan barang. ''Di Jabar sendiri ada 8 titik jembatan timbang, yakni Losarang, Tomo, Gentong, Sindang Rasa, Balonggandu, Kemang, dan Bojong. Semuanya akan berubah fungsi menjadi rest area,'' terangnya.

Jembatan Timbang Losarang yang berada di jalur pantura Indramayu, lanjut Dedi, akan menjadi rest area utama yang paling lengkap fasilitasnya. ''Halaman parkir yang luas, ada fasilitas kamar mandi, musholla, pelayanan gratis service ringan kendaraan (benkel), mobil derek, mobil ambulans dan juga ada ruang tidur, ruang istirahat balita dan manula,'' tuturnya.

Terpopuler