KAI Daop 5 Tambah KA Lebaran

Rep: Eko Widiyanto/ Red: Agung Sasongko

Kamis 10 Jul 2014 18:04 WIB

Kereta Api Foto: Republika/Wihdan Hidayat Kereta Api

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Untuk mengantisipasi tingginya permintaan tiket lebaran, PT KAI Daop 5 Purwokerto akan menambah satu lagi rangkaian KA Lebaran. KA tersebut diberi nama KA Sawunggalih Lebaran, yang melayani rute Kutoarjo-Pasarsenen PP. ''KA Sawunggalih Lebaran yang merupakan KA kelas ekonomi komersial ini, akan mulai dioperasikan tanggal 18 Juli 2014,'' kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Kamis (10/7).

Dia menyebutkan, gerbong KA Sawunggalih Lebaran menggunakan kereta ekonomi yang masih baru. Yakni,  gerbong buatan  PT Inka Madiun. ''Rangkaian KA yang terdiri dari 10 kereta ekonomi (K3), satu kereta makan dan pembangkit (KMP) tersebut, merupakan satu dari dua rangkaian KA ekonomi baru pesanan PT KAI. Satu rangkaian baru lainnya diopersikan di lintas Semarang- Jakarta,'' jelasnya.

Dari 10 kereta ekonomi (K3) baru tersebut, rangkaian KA yang untuk sementara ini akan dioperasikan sebagai KA Sawunggalih Lebaran tersebut, 2 gerbong diantaranya merupakan gerbong yang dilengkapi dengan fasilitas untuk penyandang cacat. Dalam hal ini, tempat duduk dan toilet yang didesain, memberi kemudahan bagi penyandang cacat.

Kapasitas dari kereta yang dilengkapi AC dan toilet ramah lingkungan tersebut, adalah sebanyak 80 penumpang per gerbong. Namun untuk 2 kereta dengan fasilitas difabel, masing-masing hanya memiliki kapasitas hanya 64 seat.  ''Dengan demikian, kapasitas keseluruhan KA Sawunggalih lebaran ini ada sebanyak 768 seat,'' jelasnya.

Terpopuler