Perbaikan Jalur Pantura Indramayu-Cirebon Belum Tuntas

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Agung Sasongko

Kamis 10 Jul 2014 15:43 WIB

Perbaikan dan pelebaran ruas jalan Pantura Indramayu-Cirebon Foto: Republilka/Raisan Al Farisi Perbaikan dan pelebaran ruas jalan Pantura Indramayu-Cirebon

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON-Jalur pantai utara (pantura) di Indramayu menuju Cirebon sedang dalam perbaikan dan pelebaran jalan. ''Perbaikan jalan melintasi Lohbener arah Jatibarang sedangkan pelebaran jalan di Palimanan,'' kata pengawas proyek perbaikan jalan, Sartono di Cirebon, Jawa Barat (Jabar), Kamis (10/7).

Menurut Sartono, perbaikan jalan ini untuk pelayanan pengendara yang hendak mudik pada tahun ini. ''Masih ada waktu, H-10 akan selesai dan sudah nyaman untuk dilalui para pemudik,'' terangnya yang menambahkan butuh kesabaran dalam menyelesaikan proyek perbaikan jalan yang setiap Ramadhan menjadi pekerjaan rutin ini.

Diutarakannya, perbaikan jalan utama pantura dari Jakarta, Subang, Indramayu hingga Cirebon mengalami banyak kendala akibat banyaknya lubang-lubang yang cukup dalam dan juga aspal yang sudah tidak layak pakai lagi sehingga harus diangkat setelah itu baru dilakukan penambalan.

''Jalan jalur pantura ini rusak parah pascabanjir, selain merusak jalan sampai berlubang juga banyak saluran air tertutup lumpur,'' papar Sartono yang mengungkapkan jalan berlubang rata-rata berdiameter 70 cm hingga 90 cm.

''Pekerjaan ini dikebut 24 jam supaya mencapai target selesai sebelum H-10. Walaupun pekerjaan dikebut tapi kami tetap memperhatikan kualitas supaya para pemudik nyaman melintas di jalan yang mulus,'' tutur Sartono.

Petugas Dinas Perhubungan Pemkab Cirebon, Maman mengatakan perbaikan jalur pantura dari Indramayu hingga Cirebon harus sudah selesai pada H-10 lebaran Idul Fitri. ''Saat arus mudik pekerjaan perbaikan jalan ini harus sudah selesai sehingga diharapkan arus lalulintas pemudik akan lebih lancar dan nyaman,'' pungkasnya.

Terpopuler