Aplikasi Ramadhan Laris Manis di Google

Rep: Hilyatun Nishlah/ Red: Chairul Akhmad

Kamis 10 Jul 2014 13:49 WIB

Ramadhan Phone 2014. Foto: Play.google.com Ramadhan Phone 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI — Sebuah aplikasi Android yang dibuat khusus Muslim untuk menyambut bulan suci Ramadhan menempati urutan atas paling sering diunduh di toko aplikasi Google.

Ribuan pengguna telah menginstal layanan aplikasi tersebut. “Feedback (timbal balik) yang sangat luar biasa,” ujar Andreas Roell, CEO Carib Publishing, seperti yang dikutip Onislam.

Hebatnya, aplikasi ini baru diluncurkan sekitar dua pekan lalu dan sudah masuk daftar terfavorit. Aplikasi yang diluncurkan Carib Publishing ini diberi nama Ramadhan Phone 2014.

Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan kekayaan spiritual bagi Muslim melalui fitur-fitur yang terintegrasi. Keunggulan lainnya, yakni lebih fleksibel.

“Artinya pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu jika ingin memakainya. Dan, jika keluar dari aplikasi maka aplikasi akan kembali seperti biasa,” katanya. 

Pengembang aplikasi tersebut bercita-cita untuk menjadikan layanan ini menjadi yang paling sering diunduh di toko aplikasi Google selama setahun. Hal ini setelah layanan yang dibuat selama kurang dari 60 hari itu berada di peringkat teratas di toko aplikasi Google untuk kategori Ramadhan.

“Ini adalah yang pertama kali dalam serangkaian tema ini. Kami akan mengembangkannya dalam beberapa bulan ke depan,” kata Roell.

Dalam situs aplikasi Ramadhan dijelaskan bagaimana layanan tersebut akan memberikan pengalaman berbeda dari bulan puasa sebelumnya. Dengan grafis, instrumen, serta fitur-fitur yang semuanya terkait dengan Ramadhan.

“Dari tema wallpaper  yang berubah-ubah setiap hari, ikon bulan suci bersama dengan kalender dan jadwal Shalat, suara bacaan zikir, sampai dengan fitur kitab suci Alquran, serta banyak yang lainnya. Kalian akan merasakan pengalaman yang dinamis dan mengubah hidup,” tulis layanan itu.

Aplikasi ini juga menawarkan terjemahan Alquran, jadwal imsakiyah, tips kesehatan saat Ramadhan, kompas untuk mengetahui arah shalat, serta doa-doa harian yang dapat diakses dengan mudah.

Peringkat aplikasi Ramadhan ini dinilai tinggi karena menawarkan akses gratis bagi pengguna Muslim di seluruh dunia.