Menjaring Zakat di Pusat Perbelanjaan (1)

Rep: c78/ Red: Damanhuri Zuhri

Rabu 09 Jul 2014 17:25 WIB

Kegiatan Al Azhar Peduli Umat Kegiatan Al Azhar Peduli Umat

REPUBLIKA.CO.ID,

Al-Azhar Peduli Ummat telah berhasil menghimpun Rp 2 miliar.

JAKARTA -- Konter zakat bertebaran di pusat perbelanjaan. Pada Ramadhan tahun ini, Al Azhar Peduli Ummat menempatkan konter di Kalibata City, Mal Artha Gading, Fx Plaza Senayan, dan Mal Semanggi. Untuk menarik pengunjung, lembaga zakat ini menggelar Punakawan Show.

Dalam pertunjukan itu, muncul tokoh Semar, Gareng, dan Petruk yang menyajikan cerita singkat. Ini berlangsung 6 Juli lalu di Gandaria City Mal dan pada 13 Juli mendatang di Mal of Indonesia, Kelapa Gading. Punakawan Show berusaha menggugah pengunjung berzakat.

Iringan musik ditambahkan untuk semakin menarik perhatian. General Manager Fund Rising and Communication Al-Azhar Peduli Ummat Nanda Putera menyatakan, Punakawan Show sama dengan dakwah para wali yang menggunakan wayang.

’’Ini efektif dan menarik pengunjung mampir di konter zakat kami,’’ katanya Selasa (8/7). Hingga hari kesepuluh Ramadhan, Punakawan Show dan keberadaan konter zakat di pusat perbelanjaan berhasil membuat pengunjung singgah.

Rata-rata ada 50 hingga 100 pengunjung menghampiri konter zakat di setiap pusat perbelanjaan itu. Tujuan mereka beragam. Mulai dari menitipkan zakat, infak, dan sedekah serta berkonsultasi zakat juga sekadar menanyakan program Al-Azhar Peduli Ummat.

Perhitungan jumlah pengunjung, jelas Nanda, berdasarkan banyaknya brosur yang diambil mereka. Brosur berisi promosi dan ajakan kepada masyarakat untuk berzakat. Selain itu, brosur memuat sosialisasi, edukasi, dan panduan praktis beribadah pada  Ramadhan.

Menurut Nanda, hingga Selasa lembaganya telah berhasil menghimpun dana umat sebesar Rp 2 miliar. Dana tersebut rencananya disalurkan di pengujung Ramadhan. Pengalaman tahun lalu, kata dia, konter semakon ramai setelah tanggal 15 Ramadhan.

Terpopuler