Enam Kebiasaan yang Harus Dihindari Selama Ramadhan (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: M Akbar

Rabu 09 Jul 2014 06:30 WIB

makanan berbuka puasa Foto: ANTARA/Yusran Uccang makanan berbuka puasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengatur pola makan yang tepat akan membuat Anda tetap fit dibulan Ramadhan. Puasa Ramadhan secara umum berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Namun, Anda setidaknya harus menghindari enam kebiasaan berikut selama bulan suci ini, dilansir dari Aquila Style, Rabu (9/7).

1. Melahap semua makanan di bazaar

Bazaar makanan memang tempat paling menyenangkan dibulan Ramadhan. Warna dan bau makanan begitu menggoda, terutama bila perut Anda keroncongan dan pikiran kalut ketika beberapa jam sebelum berbuka puasa. Anda akan berakhir genting jika memaksakan membeli semua makanan, mulai dari iftar, hidangan utama, lauk, makanan ringan dan manis, makanan penutup, hingga minuman manis yang memuaskan dahaga.

Berhentilah melakukan itu. Tidak peduli seberapa laparnya Anda, ukuran perut Anda masih sama dengan ketika bulan tidak puasa. Jadi, mengapa membeli begitu banyak makanan untuk dilahap diwaktu berbuka? Terlalu banyak makan bisa menyebabkan kembung, bahkan koma. Ini juga bisa membuat Anda akhirnya malas menjalankan ibadah tarawih.

2. Menenggak minuman ringan

Berbuka puasa dengan minuman bekarbonasi adalah hal bodoh. Setelah seharian berpuasa, perut Anda tidak mengandung makanan sama sekali. Dengan minum minuman ringan itu, Anda menambahkan lebih banyak gas ke perut Anda dan itu akan membuat Anda merasa lebih buruk. Jumlah gula yang tinggi akan membuat Anda merasa lapar dan menyebabkan Anda makan lebih banyak dibandingkan jumlah asupan yang dibutuhkan normal oleh tubuh Anda.

3. Makan terlalu malam

Ada sebuah kebiasaan di Malaysia misalnya, dimana setelah shalat tarawih, pihak mushola atau masjid menyiapkan moreh, beragam makanan yang disumbangkan oleh pihak tertentu dan disajikan setelah melaksanakan shalat tarawih dan witir. Makanan itu biasanya disajikan di dalam ruangan dan biasanya sekitar pukul 23.00 WIB.

Ini sebetulnya kebiasaan yang kurang baik dengan makan terlalu larut dibulan puasa. Ini akan memberi efek buruk pada pencernaan. Anda hendaknya menghentikan memakan apapun dua jam sebelum tidur.

Terpopuler