Anak Muda, Jauh dari Sikap Rasulullah

Rep: mgrol26/ Red: Agung Sasongko

Selasa 08 Jul 2014 20:17 WIB

Dzikir Foto: Republika/Raisan Al Farisi Dzikir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – “Saat ini, banyak anak muda yang tidak mencerminkan sikap Rasulullah SAW,” ujar Ustadz Saifuddin Umar. Ia memberikan contoh banyak anak muda yang tidak menghormati orang yang lebih tua, terlebih kepada orang tuanya.

Dalam ceramahnya di Sekertariat Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU), ia menyayangkan sikap dan perilaku anak muda jauh dari yang dicontohkan Rasulullah SAW. Misalnya, berbicara dengan orang yang lebih tua dengan nada tinggi. Seringkali melupakan jasa-jasa orang tunya.

“Saat ini banyak anak muda yang melupakan kebajikan orang tua. Melupakan segala kebaikan orang tua.” kata ustadz asal Surabaya ini.

Lebih jauh ia mengatakan, anak yang shaleh, kelak bisa mengangkat derajat orang tuanya baik di dunia maupun diakhirat. Namun melihat fenomena saat ini, ia merasa prihatin. “Anak yang shaleh bisa mengangkat derajat orang tua.”

Kemudian ia mengajak jamaah yang hadir dalam ifthor tersebut, untuk senantiasa meminta kepada Allah agar melindungi keluarganya. Pengajian pun berakhir saat adzan magrib berkumandang.

Terpopuler