Makanan Berserat Baik untuk Sahur

Red: Yudha Manggala P Putra

Selasa 08 Jul 2014 17:17 WIB

Sahur bersama (ilustrasi). Foto: themuslimtimes.org Sahur bersama (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan drg Diah R Praswasti memberikan tips yang baik bagi masyarakat Muslim yang ingin melaksanakan makan sahur dengan dianjurkan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat.

"Makanan yang dihidangkan pada makan sahur sebaiknya yang mengandung serat yang tinggi," kata Diah R Praswasti kepada wartawan di Banjarmasin, Selasa (8/7).

Makanan yang berserat dimaksud, tambahnya seperti serat hewani, karena serat dari pangan hewani membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh sehingga perut merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, ia menganjurkan pada makan sahur jangan terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang dapat menimbulkan kembung misalnya sayuran kol dan sayur caisim.

Ia juga menganjurkan supaya perbanyak minum air, karena pada saat puasa tubuh membutuhkan air terutama untuk menjaga suhu tubuh dan mengedarkan sari makanan ke seluruh tubuh, khususnya ke otak.

Menurutnya jangan lupa keluarkan niat untuk berpuasa karena dengan berniat maka hormone yang mengontrol jumlah keluarnya asam lambung dapat mengurangi jumlah produksinya, tambahnya.

Ketika ditanya tips untuk berbuka puasa, ia menganjurkan dahulukan minum air agar perut tidak kaget setelah seharian diistirahatkan, kemudian makanlah makanan yang tinggi tingkat glukosa (gula) agar tubuh, khususnya otak mendapat suplai energi lebih cepat sehingga tubuh akan cepat segar kembali.

Pada makan buka puasa, dahulukanlah makanan yang lebih lunak, agar kerja pencernaan tidak terlalu berat, makanlah secukupnya dan tidak berlebihan, tuturnya lagi.

Terpopuler